Senin 16 Januari 2023, 08:55 WIB

Olahraga yang Tepat dan Teratur Bikin Jantung Lebih Sehat dan Kuatkan Imun Tubuh

Mediaindonesia.com | Humaniora
Olahraga yang Tepat dan Teratur Bikin Jantung Lebih Sehat dan Kuatkan Imun Tubuh

Antara/Muhammad Iqbal
Warga berolahraga di kawasan SUGBK

 

BAHAGIA dan sehat menjadi 2 hal yang sangat penting bagi kebutuhan hidup kita. Salah satu upaya untuk sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. 

Lebih dari sekedar membakar kalori maupun menurunkan berat badan, aktivitas yang seharusnya dijalankan dengan rutin ini, bisa menjaga kesehatan tubuh. The American Heart Association menyarankan orang dewasa melakukan aktivitas olahraga intensitas sedang 150 menit per minggu serta tetap aktif untuk kesehatan jantung secara umum. 

Meskipun segala jenis olahraga menyehatkan, tetapi tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu, supaya olahraga untuk hasil yang maksimal. Selain itu, olahraga dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh dan kebugaran tubuh supaya tidak mudah sakit atau terserang virus. 

Namun di sisi lain, kasus cidera juga mengalami peningkatan karena kurangnya edukasi, kurang peregangan, maupun keterlambatan dalam mencari pertolongan medis

Olahraga yang benar adalah olahraga dengan mengutamakan proporsi yang tepat, mencapai step-step yang tepat untuk performa yang maksimal. Namun perlu dingat bahwa kesehatan jantung harus diperhatikan sebelum olahraga untuk memastikan aman berolahraga dan mencegah kemungkinan terjadinya henti jantung. 

 Spesialis jantung dan pembuluh darah di Mayapada Hospital Tangerang Dr. Aron Husink, Sp.JP(K), FIHA, mengatakan, treadmill test adalah salah satu cara check up jantung yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kondisi prima pada saat berolahraga secara umum. 

Baca juga : Asah Prestasi Non-Akademik, SMA Citra Kasih Gelar Coaching Clinic Basket

"Check up jantung ini akan melihat hingga sejauh mana anda bisa berolahraga dan kebutuhan jenis olahraga yang tepat, sebelum memutuskan ingin berolahraga secara intense," katanya.

Sebagai bentuk komitmen Mayapada Hospital untuk mendukung gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga secara tepat dan aman, Mayapada Hospital mendukung acara AIA Vitality Fun Run pekan lalu di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. Tidak hanya Fun Run, di ajang itu juga ada kegiatan Zumba, Body Combat dan acara hiburan lainnya. 

Selain kesehatan jantung, persiapan tubuh untuk mencegah cidera akibat olahraga juga perlu diperhatikan. 

"Tetap aktif berolahraga adalah kunci gaya hidup sehat, tetapi akan lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai olahraga untuk memastikan Anda aman berolahraga dan mencegah cidera olahraga.” Menurut Dr. Taufan Favian Reyhan, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan. 

Mayapada Hospital mempunyai layanan khusus yang berhubungan dengan olahraga yaitu Sports Injury Treatment & Performance Center (SITPEC) sebagai solusi kesehatan komprehensif bagi masyarakat yang sudah aktif berolahraga maupun yang ingin memulai program kebugaran olahraga, tidak terkecuali atlet. 

SITPEC merupakan suatu pusat pelayanan kesehatan terintegrasi dan menyeluruh yang terdiri dari multidisiplin Spesialis Orthopedi Konsultan Sport Injury, Spesialis Kedokteran Olahraga, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Tim Fisioterapi Olahraga, dan Rehabilitasi Medik. 

Layanan itu mengakomodir, menjadi solusi, menyediakan berbagai program perawatan cidera olahraga, mulai dari program preventif agar terhindar dari cedera olahraga, penanganan cedera olahraga dengan pendekatan operatif dan non operatif, hingga program pemulihan pascacidera dan pascaoperasi. 

Layanan tersebut juga mengakomodir program kebugaran bagi pasien yang sudah aktif berolahraga namun ingin meningkatkan performa serta ketahanan fisik dalam olahraga dibawah pengawasan ketat oleh dokter multispesialis. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ Mohammad Hamzah

Visa Transit Empat Hari Tak Bisa untuk Haji

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 11:50 WIB
Pemegang visa transit dapat tinggal di Arab Saudi selama empat hari dan durasi visa adalah tiga bulan. Visa itu gratis dan dikeluarkan...
MI/ Usman Iskandar

Capaian Booster 2 Baru 0,64%, Kemenkes Sebut Animo Masyarakat Rendah

👤 Faustinus Nua 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 11:45 WIB
Meskipun survei serologi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antibodi pada penerima booster pertama, hal itu tidak serta merta...
MI/Lina Herlina

Kemenag dan Unicef Susun Instrumen Pesantren Ramah Anak

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 11:25 WIB
Pesantren ramah anak bukan sekadar program kampanye anti kekerasan terhadap anak. Lebih dari itu sebagai upaya peningkatan kapasitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya