Selasa 15 November 2022, 14:44 WIB

Rukun Jual Beli dalam Islam dan Syaratnya

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Rukun Jual Beli dalam Islam dan Syaratnya

ANTARA FOTO/Ardiansyah
Pedagang musiman bungkus ketupat melayani pembeli di Pasar Tugu, Bandar Lampung

 

DALAM Islam, terdapat berbagai rukun yang mengatur aspek-aspek kehidupan. Salah satunya adalah pada aktivitas jual beli terjadi, terdapat persyaratan yang harus dilakukan agar sesuai dengan pedoman Islam.

Terdapat 4 rukun jual beli dalam Islam, aktivitas jual beli yang terdiri dari penjual, pembeli, barang dan adanya shighat atau ijab-kabul.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 275 tertulis;

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا ۗ وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا ۚ فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَىٰ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَمَنْ عَادَ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya: "Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya."

Proses jual beli merupakan pertukaran suatu barang yang memiliki nilai dengan uang atau alat pembayaran lain yang diakui pada daerah tersebut. Aktivitas tersebut bertujuan agar mendapatkan produk lainnya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Berikut penjelasan rukun jual beli dalam Islam:

1.    Penjual dan pembeli

Agar transaksi dapat menjadi transaksi muamalah, maka harus ada penjual dan pembeli yang telah memenuhi ahliyah. Jika salah satu di antara keduanya termasuk orang yang dinyatakan tidak sehat akalnya, maka transaksi dianggap tidak sah secara hukum syariah.

Transaksi jual beli tidak harus dilakukan oleh orang muslim saja, seorang muslim boleh berjual-beli dan bermuamalah secara harta dengan orang yang bukan muslim. Aisyah ra pernah berkata bahwa Rasulullah SAW membeli makanan dari seorang yahudi dengan pembayaran ditangguhkan dengan menggadaikan baju besinya. (HR. Bukhari dan Muslim).

2.    Ijab Qabul

Saat mengucapkan ijabnya kepada pembeli seperti contohnya seorang penjual mengatakan kepada pihak pembeli "Saya jual barang ini kepada Anda dengan harta 10 ribu rupiah tunai".

Pihak pembeli pun akan menjawab dengan sighat yang disebut qabul, "Saya beli buku yang Anda jual dengan harga tersebut tunai."

Ijab dan qabul akan menjadi sah jika keduanya tidak mengalami pertentangan yang berlawanan, baik dari masalah barang, harga ataupun pembayaran.

3.    Barang atau jasa

Barang yang diperjual belikan harus memenuhi syarat tertentu agar boleh dilakukan akad. Barang atau jasa yang dijual tidak boleh haram, harus memiliki manfaat dan diketahui keadaannya agar dianggap sah secara syariah.(OL-5)

Baca Juga

Ist

PPM SoM Siap Cetak Pemimpin Muda untuk Indonesia Emas 2045

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:54 WIB
Sebanyak 409 wisudawan, baik wisudawan yang menyelesaikan program studi tahun 2021 maupun 2022, mengikuti prosesi wisuda PPM School of...
Ist

Pentingnya Dukungan Agar Ibu Hamil Bahagia dan Anak Lahir Sehat

👤Eni Kartinah 🕔Senin 28 November 2022, 21:43 WIB
Ada banyak masalah kesehatan yang bisa mengintai jika ibu tidak bahagia selama menjalani...
Ist

Wafatnya Iman Taufik Kehilangan Besar Bagi Cirebon

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 28 November 2022, 21:36 WIB
MENINGGALNYA Iman Taufik merupakan sebuah kehilangan besar bagi Cirebon, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya