Senin 07 November 2022, 19:20 WIB

Rumus Skala Jarak pada Peta dan Jarak Sebenarnya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Rumus Skala Jarak pada Peta dan Jarak Sebenarnya

DOK Jakarta.go.id.
Peta Jakarta.

 

MELANSIR dari KBBI, peta adalah representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, sifat permukaan. Jadi, peta adalah suatu representasi atau denah yang bersifat perwakilan. 

Hal itu disebabkan oleh peta tidak mungkin digambarkan seluas dengan daerah asli tersebut. Karenanya, untuk menggambarkan denah dari daerah tersebut dengan ukuran aslinya dibutuhkan skala yang dapat mengasosiasikan jarak tersebut. 

Pengertian skala

KBBI mencatat bahwa skala adalah perbandingan ukuran besarnya gambar dan sebagainya dengan keadaan yang sebenarnya. Artinya, dalam membantu observasi dan pengamatan yang lebih luas, peta sudah seharusnya tidak sepenuhnya dibuat identik dengan ukuran dari denah yang dipetakan. Namun, dengan bantuan skala, peta dapat menciptakan gambaran sesungguhnya dari ukuran wilayah.

Jenis skala

Setidaknya, terdapat tiga jenis skala.

1. Skala pecahan. 

Skala ini membandingkan jarak asli suatu wilayah dengan denah yang direpresentasikan pada peta dengan menggunakan satuan matematis berupa pecahan. Contoh, skala 1/1.000.000. Ini berarti dalam setiap 1 sentimeter pada peta menggambarkan 1.000.000 sentimeter pada wilayah yang ada di peta.

2. Skala inci pada mil.

Skala selanjutnya yaitu skala inci pada mil. Skala ini hampir sama dengan skala pecahan. Namun, skala ini menggunakan satuan inci pada perbandingannya dengan mil. Umumnya, skala ini digunakan di Amerika Serikat yang tidak menggunakan sistem metrik pada aplikasi matematisnya.

3. Skala grafik.

Skala grafis membantu observasi pada peta yang dapat semakin diperluas atau difokuskan. Hal ini dibuat dengan skala yang memiliki ragam perbandingan jarak yang bila semakin diperkecil akan memperluas pandangan pada peta. Bila diperbesar, itu akan menambah detail yang ada pada peta.

Rumus skala

Untuk dapat menemukan jarak yang ada pada peta maupun wilayah yang ada pada peta, anda dapat menguraikannya dengan menggunakan rumus sebagai berikut.

1. Jarak peta = skala x jarak sebenarnya.

2. Jarak sebenarnya = jarak peta : skala.

3. Skala = jarak peta : jarak sebenarnya. 

Contoh soal skala

Jarak antara Kota A dan Kota B pada suatu peta yaitu 10 sentimeter. Jarak sebenarnya antara Kota A dan Kota B tersebut yakni 1.000 kilometer. Berapa skala peta tersebut?

Jawabannya, untuk mengetahui skala peta, kita dapat menggunakan rumus skala = jarak peta : jarak sebenarnya.

Skala = 10 sentimeter : 1.000 kilometer
Skala = 10 sentimeter : 100.000.000 sentimeter
Skala = 1 : 10.000.000

Jadi, skala pada peta tersebut ialah 1 : 10.000.000. (OL-14)

Baca Juga

Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...
Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya