Jumat 04 November 2022, 19:56 WIB

Sertifikasi Halal Bisa Meningkatkan Nilai Jual Produk

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Sertifikasi Halal Bisa Meningkatkan Nilai Jual Produk

ANTARA
Ilustrasi

 

SERTIFIKASI halal pada sebuah produk di masa kini bukan lagi perihal anjuran agama tapi sudah merambah pada tahap meningkatkan nilai suatu produk.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham mengatakan sebanyak 102 lembaga produk halal dari 41 negara yang submit ke PTSP SiHalal online. Mereka datang satu per satu harus menurunkan asesor atau verifikator ke negara tersebut untuk melihat proses kehalalan, seperti di Singapura dan 4 negara Eropa.

"Memang trennya sudah global dan anehnya mayoritas negara muslim, sekuler tapi mereka perhatian dengan halal seperti Italia, Prancis, Belanda, Belarus, Hongaria, Amerika Serikat, dan lainnya karena meraka menilai halal bukan lagi soal agama tapi soal branding, image, menjadi isu global sehingga kalau tidak halal tidak punya nilai kompetitif," jelas Aqil di Kantor BPJPH, Jakarta Timur, Jumat (4/11).

Sayangnya, lanjut Aqil, pelaku usaha di daerah menilai halal masih soal agama sehingga masih ada yang belum mengurus sertifikasi halal. Maka dari itu BPJPH intensif sosialisasi dan edukasi pelaku usaha mikro dan kecil. "Kalau untuk mikro dan kecil masih soal agama, industri kecil sampai besar sudah menilai daya tambah dan profitnya bertambah," ucapnya.

Namun halal juga merupakan isu sensitif yang mempengaruhi penjualan jika tersebar di sosial media terkait produk yang belum halal maka masyarakat dengan mudah blacklist produk tersebut dari daftar keinginan dan berpindah ke kompetitornya yang sudah memegang sertifikasi halal. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pelibatan Disabilitas dalam Pembangunan Infrastruktur masih Minim

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 19:30 WIB
Karena belum banyak melibatkan peran kelompok disabilitas mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Sehingga masih banyak...
Dok.MI

Infrastruktur Inklusif Untuk Disabilitas Masih Minim

👤Naufal Suhdi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:55 WIB
Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, Gufron Sakaril mengatakan Infrastruktur yang inklusif adalah infrastruktur yang ramah...
Ist

Teknologi Laser Terbaru Pulihkan Mata Rabun Lebih Cepat dan Nyaman

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:47 WIB
ReLEx SMILE PRO memungkinkan pasien untuk langsung beraktivitas seperti biasa dan produktif kembali pada keesokan harinya pasca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya