Kamis 03 November 2022, 15:56 WIB

Cara Mencari Kalimat Utama dalam Suatu Paragraf

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Cara Mencari Kalimat Utama dalam Suatu Paragraf

MI
Ilustrasi kalimat

 

DALAM sebuah paragraf terdapat satu kalimat yang berperan sebagai kalimat utama. Kalimat utama merupakan kalimat yang terdiri dari ide atau pokok pikiran utam yang menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf tersebut.

Pada umumnya, kalimat utama akan mengandung unsur keseluruhan isi dalam sebuah paragraf. Kalimat utama tidak selamanya berada di awal kalimat. Kalimat tersebut dapat berada di awal, tengah, atau akhir paragraf.

Ciri-ciri Kalimat Utama

- Mengandung permasalahan yang dapat dijelaskan lebih lanjut
- Terdiri dari kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri
- Mempunyai arti yang jelas meski tidak dihubungkan dengan kalimat-kalimat lain
- Dapat dibentuk tanpa kata sambung transisi
- Dalam sebuah paragraf induktif, akan ada kata seperti ‘dengan demikian’ atau ‘jadi’ pada kalimat utama

Menentukan Kalimat Utama

1. Carilah kunci utama dalam sebuah paragraf
2. Kemudian, temukan kalimat penjelasan
3. Perhatikan rujukan pada kalimat penjelas

Paragraf Deduktif 

Jika inti kalimat berada di awal paragraf dan kalimat kedua hingga selanjutnya adalah lanjutan dari kalimat pertama, maka kalimat pertama dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama. Paragraf jenis ini disebut sebagai paragraf deduktif.

Paragraf Induktif 

Jika inti kalimat berada di akhir paragraf dan kalimat pertama hingga selanjutnya adalah kalimat yang mendukung kalimat di akhir, maka kalimat terakhir dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama. Paragraf jenis ini disebut sebagai paragraf induktif.

Paragraf Campuran 

Paragraf campuran memiliki dua kalimat utama, yang pertama berada di awal paragraf dan yang kedua berada di akhir paragraf. Paragraf jenis ini merupakan perpaduan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Contoh Kalimat Utama:

a. Sepak bola dan uang merupakan dua hal yang saling terkait, bak dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Industri sepak bola bagi beberapa pebisnis ulung merupakan sumber pendapatan yang sangat bernilai di era modern seperti sekarang ini. Beberapa konglomerat rela menggelontorkan dana yang terbilang tidak sedikit untuk berinvestasi di klub sepak bola di beberapa negara.

Mulai dari Roman Abramovich yang membeli klub Inggris yaitu Chelsea, hingga Nasser El-Khelaifi yang mengakuisisi klub Prancis PSG dengan harga yang tidak sedikit. Mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya sebagai bentuk investasi jangka panjang untuk meningkatkan pundi-pundi kekayaan yang telah dimiliki. Oleh karena itu, di masa yang akan datang, bentuk investasi dapat merambah ke segala bidang termasuk olahraga sepak bola.

Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah “Oleh karena itu, di masa yang akan datang bentuk investasi dapat merambah ke segala bidang termasuk olahraga sepak bola.” Paragraf di atas termasuk paragraf induktif.

Contoh Kalimat Utama

b. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan macet di Jakarta. Pertama, jumlah transportasi yang banyak tidak sesuai dengan kapasitas jalan. Kedua, minimnya kedisiplinan para pengguna jalan. Ketiga, terdapat beberapa lokasi yang menyebabkan kepadatan lalu lintas, misalnya: palang kereta api, pusat perbelanjaan, pedagang kaki lima, halte, pasar, dan lain-lain. Keempat, kurangnya ketegasan dari pihak berwajib saat menghadapi para pengguna jalan.

Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah “Terdapat beberapa hal yang menyebabkan macet di Jakarta.” Paragraf di atas termasuk paragraf deduktif.(OL-5)

Baca Juga

MI/Ramdani

Ahli: Masyarakat tidak Boleh Lengah, Subvarian XBB Bahaya bagi Komorbid

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:38 WIB
Menurut Guru Besar Mikrobiologi FKUI, subvarian XBB dan varian omikron lainnya bisa melarikan diri dari antibodi, baik pascainfeksi,...
MI/ Moh Irfan

BPJS Kesehatan Ingin Masyarakat Teredukasi Soal Layanan Kesehatan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:59 WIB
MASYARAKAT sangat membutuhkan edukasi terkait layanan kesehatan yang diselanggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)...
Dok. i3L

Terus Lakukan Inovasi, Dundee dan i3l Kembangkan Kerjasama Double Degree

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:59 WIB
"Mahasiswa nantinya akan diberikan gelar sarjana dari Biomedicine i3L, serta dari University of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya