Sabtu 17 September 2022, 07:25 WIB

Kampus Merdeka Jadikan Mahasiswa Lebih Siap Masuk Dunia Kerja

Faustinus Nua | Humaniora
Kampus Merdeka Jadikan Mahasiswa Lebih Siap Masuk Dunia Kerja

MI/Amir MR
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) hasil kerja sama USK dengan Bank Indonesia Wilayah Aceh.

 

PROGRAM Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan upaya pemerintah untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi masuk ke dunia kerja. Sejak diluncurkan pada Januari 2020, program ini terus dikembangkan dan ditingkatkan pesertanya baik dari mahasiswa, perguruan tinggi, dan mitra dunia usaha dan industri.

"Ini dari tingkat kepuasan mahasiswa meningkat, dari target besarnya, dari mereka yang lulus itu akan mendapat first jobnya. Jadi target besarnya itu, dari studi lanjut mereka akan lebih jelas," ungkap Wakil Ketua III Pelaksana Program Kampus Merdeka, Nurhadi Irbath, pada acara Media Gathering yang digelar Jumat (16/9) di Century Park Hotel, Jakarta.

Menurutnya, para mahasiswa yang mengikuti Kampus Merdeka akan mendapat bekal yang lebih baik. Mereka tidak hanya siap untuk mencari kerja ketika lulus, tetapi siap untuk menjadi entrepreneur juga. Apalagi, peserta yang pernah magang di industri bisa langsung direkrut oleh industri.

Nurhadi menyebut hadirnya program ini juga turut berkontribusi pada penurunan tingkat pengangguran lulusan sarjana. Hal itu akan mendukung Indonesia memasuki bonus demografi.

"Di 2023 nanti dari jumlah akan ditingkatkan dan harapan bagi mahasiswa yang ikut dari seluruh indonesia akan jadi inspirasi untuk menjalankan program serupa," tuturnya.

Nurhadi menambah bahwa Kampus Merdeka terbagi menjadi program flagship dan MBKM Mandiri. Program flagship diatur oleh kementerian. "MBKM Mandiri itu pelaksanaan masing-masing kampus. Mahasiswa bisa daftar lewat web, untuk kampus sendiri itu daftarnya di satu platform," tandasnya. (H-3)

Baca Juga

Dok Yakult

Yakult Hadir Dengan Varian Rendah Gula

👤Gana Buana 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:28 WIB
Yakult Light adalah minuman susu fermentasi dengan kandungan bakteri baik L. casei Shirota strain dengan gula yang lebih sedikit tetapi...
Ist

Coach Rheo: Fenomena Pemicu Suami Tega Cekik dan Banting Istri

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:03 WIB
Mind Technology Expert Coach Rheo mengatakan timbunan beban emosi tersebut  menciptakan reaksi reaktif yang diproses oleh bagian dari...
Dok.DietGo Kitchen

Lima Makanan Diet Terbaik bagi Penderita Diabetes

👤Mutiara Dwi Rejeki 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:59 WIB
Penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya