Selasa 05 Juli 2022, 05:00 WIB

Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Kompetensi Guru di Provinsi Riau

Faustinus Nua | Humaniora
Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Kompetensi Guru di Provinsi Riau

DOK TANOTO FOUNDATION
Ilustrasi

 

Tonoto Foundation mendorong peningkatan kompetensi guru dan pendidik di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau melalui Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (Pintar) Penggerak.

Program tersebut merupakan bentuk dukungan dan keterlibatan Tanoto Foundation dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diluncurkan oleh Kemendikbud-Ristek.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud-Ristek Iwan Syahril mengungkapkan bahwa keterlibatan organisasi penggerak merupakan wujud gotong-royong dalam memajukan pendidikan Indonesia lewat gerakan Merdeka Belajar. Tanoto Foundation dengan pengalaman dan komitmennya pada dunia pendidikan telah membantu para guru untuk meningkatan kemampuan siswa-siswanya.

"Ini wujud gotong-royong pendidikan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak kita terutama dalam Merdeka Belajar. Fokusnya itu kemampuan dan fondasinya yaitu literasi, numerasi dan karakter," ujarnya dalam acara Tanoto Facilitator Gathering (TFG) di Kabupaten Kampar, Riau, Senin (4/7).

Iwan mengapresiasi kerja sama dan koordinasi yang baik antara Tanoto Foundation dan Pemda Kampar. "Ini menunjukkan Indonesia memiliki kekayaan inspirasi dan banyak suri tauladan, dan semoga gotong-royong ini jadi pijakan bagi kita untuk terus bergerak sama-sama memajukan pendidikan untuk anak-anak kita," imbuhnya.

Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, M. Ari Widowati mengatakan bahwa Program Pintar Penggerak merupakan bentuk partisipasi pihaknya dalam POP. Sebagai organisasi filantropi, Tanoto Foundation mendukung program pemerintah dalam membantu pendidikan untuk meningkatkan kemampuan siswa. "Kami mendukung program pemerintah untuk bisa memodelkan praktik-praktik baik, bagaimana meningkatkan kompetensi siswa terutama di bidang membaca, numerasi, dan sains," tuturnya.

Dijelaskannya, Program Pintar Penggerak baru berjalan setahun. Akan tetapi dampaknya luar biasa dan masih banyak potensi yang perlu untuk dikembangkan lagi.

Sementara itu, Pj. Bupati Kampar, Kamsol mengapresiasi dukungan Pemerintah dan Tanoto Foundation. Kabupaten Kampar dengan wilayahnya yang luas dan penduduk yang cukup banyak di Provinsi Riau membutuhkan dukungan dalam pengembangan SDM.

"Kita sambut baik, apresiasi luar biasa bersama Tanoto Foundation dan Pak Dirjen ke sini dalam program organisasi penggerak, karena evaluasi penting, karena pendidikan dasar itu kita siapkan karakter anak dan pola yang dibuat sekarang memang kita harapkan majukan pendidikan kita di Kampar dan umumnya Riau," terangnya.

Sesuai mandat POP, Program Pintar Penggerak mendemonstrasikan
praktik baik dalam pembelajaran, kepemimpinan sekolah dan partisipasi orang tua untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains. Teknologi secara aktif dipergunakan dalam proses pelatihan dan pendampingan kepala sekolah, guru dan orang tua mitra. (OL-12)

Baca Juga

MI/HO

Hari Ini, KCCI akan Perkenalkan Permainan Tradisional Korea di Bekasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 07:15 WIB
KCCI akan memperkenalkan beberapa permainan tradisional yang sering dijumpai dalam variety show Korea, seperti Tuho, Jegi Chagi, Red Light...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PB IDI Dukung Regulasi Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada Kemasan Plastik  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:45 WIB
“Selama ini, masyarakat hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan, namun mengabaikan...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya