Kamis 16 Juni 2022, 09:10 WIB

Mengenalkan Sejarah Warisan Rempah pada Generasi Muda melalui Jalur Rempah

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Mengenalkan Sejarah Warisan Rempah pada Generasi Muda melalui Jalur Rempah

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Pelayaran muhibah budaya jalur rempah

 

MENGENALKAN potensi rempah dan berbagai sejarah budaya di banyak daerah Nusantara kepada anak muda menjadi tanggung jawab bersama sehingga Muhibah Budaya Jalur Rempah sebagai wadah anak muda ini menjaga kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

"Kita perlu lihat kembali dan yang paling penting anak-anak melihat langsung seperti apa sejarah rempah yang ada," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud-Ristek Hilmar Farid di Pelabuhan Trikora Tidore, Maluku Utara, Kamis (16/6).

Sehingga salah satu upaya dari Kemendikbud-Ristek melalui ekspedisi Jalur Rempah ini untuk menghidupkan kembali narasi utuh sejarah-sejarah rempah yang dimiliki Indonesia.

Pada abad-abad lampau, kehadiran para pedagang lintas bangsa memegang peran kunci terhadap akulturasi budaya. Percampuran budaya tersebut meninggalkan warisan rempah yang sangat bernilai harganya. Anak-anak yang mengikuti perjalanan ini atau yang bisa disebut Laskar Rempah akan merasakan langsung melihat masyarakat yang hidup dan menjaga warisan tersebut agar tetap eksis.

"Anak-anak akan bertemu langsung pelaku sejarah sesungguhnya. Apa yang dialami dan apa yang dirasakan serta bagaimana menatap masa depan," ujar Hilman.

Baca juga: Kisah Kejayaan Jalur Rempah Nusantara, Surabaya Jadi Titik Awal Muhibah Budaya

Diketahui, Muhibah Budaya Jalur Rempah saat ini baru singgah di Tidore dan akan melanjutkan perjalanan menuju Banda Neira, Kupang, dan Surabaya.

Ekspedisi ini menegaskan kedaulatan Indonesia sebagai negara maritim, perjalanan ini akan memperkuat identitas bangsa dan bersama melakukan langkah maju sebagai negara yang berbasis Pancasila dengan mengarungi lautan seperti leluhur dulu dengan semangat persaudaraan dan gotong royong.(OL-5) 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Kemenkes Terima 260 Ribu Unit VTM Untuk Lacak Kasus Covid-19

👤Dinda Shabrina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:02 WIB
Bantuan VTM dari JICA ini akan kita distribusikan ke propinsi dan kabupaten/kota dan dapat dimanfaatkan oleh tim surveilans pencegahan dan...
Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Pelancong Lokal Harus Paham Lima Etika saat Berwisata

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong perkembangan pariwisata di Indonesia, salah satunya adalah dengan menjadi wisatawan...
Unsplash/ Jiachen Lin

Gerakan Makan Tanpa Sisa Targetkan Kurangi 14 Ton Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 11:30 WIB
Gerakan Makan Tanpa Sisa, yang diharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah, menargetkan 14 ton sampah makanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya