Rabu 15 Juni 2022, 12:34 WIB

BNPB: 320 Rumah Warga Musi Banyuasin Terendam Banjir

Atalya Puspa | Humaniora
BNPB: 320 Rumah Warga Musi Banyuasin Terendam Banjir

Dok. BNPB
Ketinggian air di permukiman warga sekitar 30 sentimeter hingga Rabu (15/6/2022)

 

BANJIR melanda wilayah pemukiman warga di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, pada Selasa (14/6). Peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai Sake sekitar pukul 07.20 WIB yang melanda Desa Rantau Sialang di Kecamatan Sungai Keruh.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, berdasarkan laporan sementara tercatat, sedikitnya 302 rumah warga terdampak dengan ketinggian air antara 30 - 50 sentimeter.

"Para warga memilih bertahan dan tidak mengungsi. Sarana dan prasana pendukung seperti komunikasi dan penerangan dilaporkan juga tidak ikut terdampak," kata Abdul dalam keterangan resmi, Rabu (15/6).

Baca juga: Semakin Banyak Orang Menghindari Berita Penting

Ia menyatakan, BPBD Kabupaten Musi Banyuasin melakukan percepatan penanganan darurat di antaranya berkoordinasi dengan lintas intansi terkait guna melakukan pendataan, pemantauan di lokasi dan evakuasi apabila dibutuhkan.

Kondisi hari ini (15/6) dilaporkan ketinggian banjir masih menggenangi akses jalan sekitar 50 sentimeter. Sedangkan untuk ketinggian air di permukiman warga sekitar 30 sentimeter.

"Perkembangan kondisi ini akan terus dilakukan pemantauan secara berkala dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat," imbuh dia.

Abdul menyatakan, BPBD Kabupaten Musi Banyuasin mengimbau warga untuk selalu waspada potensi peningkatan debit air sungai. Terlebih prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Musi Banyuasin untuk hari ini (15/6) berpotensi hujan ringan pada sore dan malam hari.

Menyikapi prakiraan cuaca dari BMKG, Abdul juga mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

"Salah satunya dengan melakukan pembersihan saluran drainase secara berkala untuk memastikan debit air dapat tertampung, khususnya jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan duras panjang atau lebih dari satu jam," pungkas dia. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Pendidikan Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat dengan Dukungan Teknologi

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:00 WIB
Diharapkan penguatan ekosistem pendidikan melalui teknologi dapat melahirkan pemimpin-pemimpin hebat di...
ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

Parade: Upaya Menuju Penetapan Hari Kebaya Nasional

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:20 WIB
Parade Kebaya Nusantara juga ditujukan menjadi kampanye penetapan hari kebaya nasional dan pengajuan warisan budaya Indonesia ke...
Ist

Erick Thohir Berharap Milenial kian Tertarik Kenali Sejarah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:45 WIB
Pameran ini juga menjadi kado bagi HUT ke-77 RI. Gedung Sarinah juga akan membuka pintu dan menyiapkan ruang bagi pameran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya