Jumat 03 Juni 2022, 08:30 WIB

Benahi Filosofi Pendidikan untuk Tingkatkan Pemahaman Pancasila

Faustinus Nua | Humaniora
Benahi Filosofi Pendidikan untuk Tingkatkan Pemahaman Pancasila

ANTARA/Maulana Surya
Warga mengikuti Kirab Bhineka bertajuk Pengejawantahan Pancasila Dalam Kehidupan di Gandekan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2022).

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) telah meluncurkan berbagai terobosan dan inovasi baru di dunia pendidikan Tanah Air. Sejumlah langkah strategis yang sudah dan sedang dijalankan merupakan bagian dari upaya untuk memajukan pendidikan Indonesia yang berstandar global dan berkarakter Pancasila.

Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri mengatakan bahwa untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait Pancasila, maka harus dibenahi dari sisi filosofi pendidikan. Pancasila bukan sekadar hafalan 5 sila, tetapi lebih pada implementasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami membenahi dari sisi filosofi dengan profil pelajar Pancasila, perbaikan pembelajaran, asesmen nasional (AN), rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data untuk menjawab permasalahan/ potret pendidikan yang ada pada rapor pendidikan," ujarnya kepada Media Indonesia, Kamis (2/6).

Baca juga: Naik 9,68%, Pagu Indikatif Kemendikbud-Ristek 2023 Capai Rp80,157 Triliun

Menurutnya, sejumlah program tersebut bertujuan untuk memperkuat karakter kebangsaan pada generasi muda. Sadar atau pun tidak, perubahan zaman yang begitu cepat telah mengikis nilai-nilai kebangsaan yang selama hidup. Sehingga, tidak heran bila banyak generasi muda kemudian menjadi kurang memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sesungguhnya sangat mudah bila hanya untuk dihafalkan. Namun untuk bisa mengimplementasikannya butuh pemahaman yang mendalam.

"Ada perubahan pola belajar, dari menghafal ke pemahaman dan pendalaman. Untuk hafalan bisa cari sumber instant sehingga anak-anak tidak perlu menghafal seperti jaman kita. Kalau ukurannya hafal kurang tepat lagi, harusnya ngerti dan terapkan," kata Jumeri.

Dia pun berharap agar nilai-nilai Pancasila terus dijunjung tinggi di bumi Nusantara. Semua pihak, bukan hanya pemerintah, memiliki peran dan tanggung jawab untuk terus membumikan Pancasila. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Skenario Kebutuhan Air Bersih untuk Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

👤Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:53 WIB
Sebelum membuat skenario kebutuhan air bersih dibutuhkan informasi mengenai air baku atau berapa banyak air hujan yang turun dan bisa...
MI/ HO

Ukrida Pimpin Dewan Pengurus BKAP3-PTKI Periode 2022-2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:10 WIB
Peneguhan Dewan Pengurus BKAP3-PTKI masa bakti 2022-2025 dilakukan oleh Pdt. Janoe...
Ist

Karya Tiga Desainer Terkemuka Semarakkan Oppo Bazaar Fashion Festival

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:08 WIB
Tiga desainer dengan tiga karakter karya fashion yang berbeda ini ditantang melakukan kolaborasi untuk menampilkan suatu karya seni fashion...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya