Rabu 08 Juni 2016, 07:30 WIB

Meresapi Al-falah pada Ayat Alquran

Ardi Teristi | Humaniora
Meresapi Al-falah pada Ayat Alquran

ANTARA/Muhammad Adimaja

 

Umat muslim dianjurkan meresapi makna al-falah dalam Surah Al-Baqarah 1-5 dan Surah Al-Luqman 1-5 agar tidak hanya menjadi penonton dalam kehidupan ekonomi nasional.

UMAT Islam diingatkan agar dapat meresapi makna al-falah yang tertulis dalam beberapa surah di Alquran. Jika makna tersebut bisa diresapi dan diterapkan, kondisi umat Islam di Indonesia tidak akan tertinggal dan gagal di bidang ekonomi.

"Saat ini hanya beberapa muslim yang menguasai 90% ekonomi Indonesia. Padahal, kalau kita resapi, itu mengandung penyemangat agar kita bisa menggapai al-falah (berjaya, berhasil, menang, dan sukses)," ungkap mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais dalam Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Salat Tarawih, di Masjid Syuhada, Kota Yogyakarta, Minggu (5/6) malam.

Untuk itu, jelas Amien, agar umat muslim tidak hanya menjadi

penonton dalam kehidupan ekonomi nasional, dianjurkan membaca dan meresapi lagi makna al-falah yang terdapat pada Surah Al-Baqarah 1-5 dan Surah Al-Luqman 1-5.

"Itu penting agar kita paham yang terjadi saat ini dan kita tak menjadi bangsa yang sakit," ucapnya. Selain di bidang ekonomi, Amien menggarisbawahi umat Islam juga harus mewaspadai darurat pornografi, darurat narkoba, dan darurat minuman keras yang belakangan ini muncul dan menggerogoti masyarakat Indonesia.

Menurut Amien, darurat-darurat tersebut bukanlah sebuah kebetulan ataupun spontan, melainkan sudah terorganisasi dan didanai dengan baik (well-organized and well-funded).

"Umat Islam tidak boleh berleha-leha dengan yang terjadi saat ini lantaran ada pihak-pihak yang menunggu kita terkesima dan terlena," tuturnya.

Amien pun mengingatkan pada umat Islam untuk memegang kunci kesuksesan yang sederhana, yaitu berpegang erat pada kitab suci Alquran. "Jika makin dekat dengan yang ada dalam Alquran, kita semakin mendekati pula dengan kesuksesan," kata Amien.

Pada sisi lain, sepanjang Ramadan ini, Amien mengajak umat Islam untuk mempersiapkan mental dan kesehatan. Menurutnya, Ramadan menjadi sarana untuk menambah iman dan amal saleh.

Ia juga berharap perilaku menambah keimanan dan amal saleh tidak hanya dilakukan saat bulan puasa ini. Namun, pada bulan-bulan setelah Ramadan, umat Islam pun diminta dapat berperilaku seperti pada Ramadan.


Spirit perubahan

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir menyatakan semangat perubahan jiwa, pikiran, dan perilaku pada bulan suci Ramadan bakal berimplikasi pada keseluruhan hidup kaum muslimin. Di antaranya, mampu menciptakan insan berkualitas dan memiliki derajat ketakwaan yang tinggi.

"Spirit perubahan harus kita ciptakan sendiri. Kita harus optimistis karena di saat Ramadan semua orang selalu ingin berbuat baik," papar Haedar kepada Media Indonesia, Senin (6/6).

Lebih lanjut, terang dia, ada lima perilaku yang bisa membawa manusia berubah pada hal-hal yang dicita-citakan. Pertama, karakter kuat yang mengedepankan kebaikan dan meminimalkan keburukan.

Kedua, selalu bijak untuk diri sendiri dan orang lain. Ketiga, pikiran yang mencerahkan. Keempat, selalu ingin melakukan yang terbaik melalui kesungguhan hati hingga memberikan nilai lebih.

"Terakhir dan penting, hablumminallah selaras dengan hablumminannas. Hubungan vertikal kepada Tuhan jangan sampai mengesampingkan menolong sesama," pungkas Haedar. (Mut/S-4)

Baca Juga

Ist/DPR

Fadli Zon: Prangko Identitas Negara dan ‘Second Track Diplomacy’ Antarwarga

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:55 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menilai kehadiran prangko dapat menjadi identitas suatu negara, seperti...
Media Indonesia

Media Indonesia Raih Penghargaan Sebagai Most Educative Media dari BMKG

👤Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:47 WIB
Media Indonesia meraih penghargaan sebagai Most Educative Media dalam ajang Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Media...
Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya