Senin 23 Mei 2022, 15:53 WIB

Keselamatan Transportasi yang Lebih Baik Harus Jadi Perhatian

Mediaindonesia | Humaniora
Keselamatan Transportasi yang Lebih Baik Harus Jadi Perhatian

MI/Kristiadi
Bus yang mengalami kecelakaan di Ciamis, Jawa Barat.

 

FAKTOR keselamatan di sektor transportasi harus terus ditingkatkan lewat pengawasan yang ketat terhadap sejumlah persyaratan perjalanan untuk mendorong peningkatkan disiplin masyarakat.

"Keselamatan transportasi harus menjadi perhatian kita bersama, mengingat transportasi banyak berkaitan dengan sektor-sektor ekonomi lainnya," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/5).

Berdasarkan data kepolisian, selama arus mudik Lebaran tahun ini, ada sebanyak 2.945 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi, baik dari tol dan non-tol.

PT Jasa Raharja (Persero) mencatat, selama mudik Lebaran 2022 priode 25 April - 2 Mei 2022 tercatat sebanyak 441 orang meninggal dunia dan 3.194 orang luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas.

Sejumlah kecelakaan itu terjadi selain karena faktor kendaraan yang tidak layak juga terkait kelalaian manusia.

Menurut Lestari, sejumlah catatan mengenai keselamatan transportasi tersebut harus menjadi perhatian serius dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk segera mengatasinya.

Baca juga: Sopir Bus yang Kecelakaan di Ciamis Serahkan Diri

Karena, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, rendahnya tingkat keselamatan transportasi juga bisa berdampak pada sejumlah sektor, misalnya terkait industri, logistik dan pariwisata, serta sejumlah sektor lainnya.

Sumber penyebab kecelakaan, tegasnya, harus segera diatasi lewat pemecahan akar masalahnya dengan secara konsisten menegakkan sejumlah aturan yang berlaku di sektor transportasi.

Selain itu, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem berpendapat, berbagai upaya untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan dan mematuhi setiap kebijakan publik yang berlaku harus segera dilakukan.

Menurut Rerie, bangsa Indonesia harus mulai membangun budaya disiplin dalam berkegiatan di keseharian baik pada skala keluarga mau pun di ruang publik.

Dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan yang lebih disiplin dalam mematuhi berbagai kebijakan yang berlaku, Rerie berharap, pelayanan publik yang lebih baik dapat diwujudkan. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:10 WIB
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus...
Antara

RI Siap Jadi Tuan Rumah Hari Anti Narkoba Internasional

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:27 WIB
Rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2022 dimulai pada 19 Juni, dengan puncak acara jatuh pada 27 Juni. Kegiatan itu turut...
DOK Kemenko PMK

Kemenko PMK Gelar Penanaman Pohon Mangrove dan Sukun Di Pulau Tidung Kecil

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:15 WIB
Kemenko PMK kembali menggaungkan Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental berupa rangkaian penanaman mangrove dan sukun di Pulau Tidung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya