Jumat 20 Mei 2022, 20:26 WIB

Mengenal Jade Princessa Nugroho, Ballerina Muda Indonesia yang Punya Segudang Prestasi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Mengenal Jade Princessa Nugroho, Ballerina Muda Indonesia yang Punya Segudang Prestasi

Dok. Pribadi
Jade Princessa Nugroho saat tampil di ajang balet

 

KECINTAAN terhadap Balet membawa Jade Princessa Nugroho (19) sukses meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Ia pun bisa masuk dalam company ballet ternama yang terkenal sulit seleksinya. 

Jade yang mulai tertarik pada balet di usia 7 tahun, sudah aktif mengikuti sejumlah les balet sejak belia hingga akhirnya berkarir di bidang tersebut. 

"Saya sangat menyukai ballet karena menurut saya ballet itu seni yang sangat indah. Gerakan nya sangat sulit dan detail sekali, sehingga memerlukan latihan yang keras untuk bisa mencapai ke level professional, tetapi saat menari saya merasa saya bisa mengekspresikan diri saya lewat gerakan saya," ungkap Jade dalam keterangannya. 

Tak hanya aktif dalam kelas khusus balet, jade juga sering mengikuti kompetisi balet sejak kecil. Untuk menunjang kemampuannya, Jade juga bersekolah balet hingga ke luar negeri.

Jade ingin membuktikan bahwa ballerina dari Indonesia bisa berkompetisi dan berprestasi di ajang internasional. 

"Saya ingin masuk ke company ballet di sana (luar negeri). Saya masuk ke Full Time Program dan pilih melakukan sekolah secara home schooling karena latihan setiap hari dari pagi sampai sore. Semenjak mengikuti training Full Time Program/Pre-Professional Program, saya mengikuti beberapa kompetisi national dan international," ungkap perempuan kelahiran 6 Februari 2003 tersebut. 

Lulusan Sekolah Kristen Mawar Saron tahun 2019 itu menuturkan, setelah menamatkan pendidikan SMA di usia 16 tahun, dirinya langsung terbang ke Amerika Serikat untuk mencapai mimpinya memperdalam balet. Jade diterima di level Akademi 3 di Orlando Ballet School di Orlando, Florida, USA, selama 2 season (2019-2020 dan 2020-2021). 

"Saat upacara kelulusan SMA, saya tidak dapat hadir, karena sudah masuk Orlando Ballet School waktu itu. Di Orlando Ballet School saya dilatih oleh guru-guru kaliber internasional, salah satunya Mr. Phillip Broomhead, sehingga saya merasa sangat improve dan berkembang," paparnya.

Pada 2019, Jade berhasil mendapatkan financial aid untuk Harid Conservatory Summer Program di Boca Raton, Florida, USA dan dua tahun setelahnya, Jade mendapatkan financial aid untuk berkompetisi di YAGP, Tampa, Florida, USA. Jade juga menjuarai beberapa kompetisi dan mendapatkan berbagai macam penghargaan dan beasiswa.

Baca juga : Klinik Ini Bantu Perawatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

Jade menjelaskan, keluarganya bukan berasal dari keluarga yang berkecukupan. Jade dan keluarga tinggal di apartemen sewa sampai sekarang. Mulanya keputusan Jade fokus dalam balet sempat tak mendapat persetujuan keluarga.

Namun, pada akhirnya orang tua Jade tetap mendukung penuh potensi yang dimiliki anak perempuannya tersebut. Dengan prestasi yang dimilikinya sekarang, Jade sangat berterimakasih pada kedua orangtuanya. 

"Saya sadar untuk saya bisa mendapatkan training balet yang saya butuhkan, orang tua saya berusaha habis-habisan untuk membiayai latihan saya, yang mana latihan balet adalah termasuk kegiatan yang sangat mahal, apalagi untuk bisa sampai berlatih di luar negeri," kenang Jade.

 Tak hanya aktif berlatih balet, saat ini Jade juga mencoba latihan contemporary dance, conditioning dan PBT. Jade juga tengah mempersiapkan diri sebelum kontrak Apprentice Junior Corps di Arts Ballet Theatre of Florida, di Miami, USA, yang akan dimulai 29 Agustus 2022 mendatang.

"Sebenarnya saya juga harus mengikuti Summer Program Arts Ballet Theatre of Florida dari tanggal 5-30 Juli 2022, tapi semuanya tergantung dengan selesainya pengurusan Visa P1, yang saat ini masih dalam proses oleh pengacara pihak Arts Ballet Theatre of Florida," ujarnya. 

Selain balet dan tarian, Jade juga merupakan seorang kreator konten yang aktif di media sosial. Jade fokus membuat konten fesyen dan endorsement. Ia juga beberapa kali melakukan photoshoot sesion untuk balet dan fesyen. 

Jade mengaku juga memiliki hobi lain yaitu traveling, berenang, crochet, baking, berenang hingga bermain ping-pong. Jade bahkan pernah mengikuti kompetisi O2SN ping-pong pada umur 13 tahun kelas 1 SMP.

"Harapan saya kedepannya saya bisa membangun sebuah wadah atau foundation untuk penari-penari dari Indonesia yang ingin berkarir ke luar negeri. Belajar dari pengalaman saya betapa susahnya untuk bisa bersekolah dan masuk company diluar ngeri, saya ingin membantu penari-penari yang lain dan membuka pintu untuk mereka," tutup Jade. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/VICKY GUSTIAWAN

Pakar: Yang Dapat Dilegalkan Senyawa Turunan Ganja, bukan Tanaman Ganja

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 18:00 WIB
Ganja yang digunakan dalam bentuk belum murni seperti simplisia atau bagian utuh dari ganja masih mengandung senyawa utama...
DOK UNJ

Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ Tambah 3 Guru Besar

👤Widhoroso 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:37 WIB
Universitas Negeri Jakarta menggelar acara pengukuhan tiga Guru Besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan...
MI/YOSEPH PENCAWAN

Kemenkominfo Optimistis Tuntaskan Penghentian Siaran Analog dalam 4 Bulan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:35 WIB
Pemerintah bersama swasta terkait telah melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak biaya agar persiapan ASO dapat berjalan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya