Rabu 11 Mei 2022, 18:30 WIB

Mengenal Tugas Bridesmaid dan Groomsmen dalam Acara Pernikahan

Miskah Syifa Putri | Humaniora
Mengenal Tugas Bridesmaid dan Groomsmen dalam Acara Pernikahan

Antara/Reno Esnir.
Ilustrasi.

 

PERNIKAHAN merupakan suatu acara yang sangat istimewa. Kita pasti ingin orang-orang terdekat kita untuk ikut hadir dan memeriahkan acara pernikahan. Salah satunya ialah bridesmaid dan groomsmen. Hadirnya bridesmaid dan groomsmen datang untuk membantu calon pengantin. 

Bridesmaid atau pengiring pengantin biasanya dilakukan oleh wanita muda yang sudah cukup umur. Begitu juga bagi groomsmen biasanya dilakukan oleh pria muda yang sudah cukup umur.

Apa itu bridesmaid?

Secara bahasa, bridesmaid berarti pengiring pengantin yang menjalankan tugasnya tidak hanya pada hari pernikahan, tetapi juga sebelum acara pernikahan tersebut berlangsung. Jumlah orang yang ditunjuk untuk menemani pengantin wanita biasanya bervariasi dari berjumlah lima orang hingga 10 orang sesuai pilihan calon pengantin. 

Biasanya, bridesmaid merupakan orang-orang terdekat calon pengantin, seperti sahabat, saudara, atau bahkan kakak adik mereka. Salah satu pengiring pengantin kemudian terpilih sebagai pemimpin dan bertindak sebagai perantara antara pengiring pengantin dan calon pengantin. 

Bridesmaid ialah seseorang yang diinginkan pengantin wanita menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. Mereka juga akan sibuk merencanakan pernikahan dan biasanya dipercaya menjadi yang paling dekat dengan mempelai wanita. Sebagai pengiring pengantin, dia bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya.

Apa itu groomsmen?

Groomsmen ialah nama pendamping pria atau pengantar pengantin pria pada upacara pernikahan. Biasanya, pengantin pria memilih teman dekat dan kerabat untuk dijadikan pengiring pria dan dianggap suatu kehormatan untuk dipilih. Pengantin pria biasanya memilih salah satu pengiring pria untuk melayani sebagai pengiring pria. Tradisi ini berasal dari pernikahan di negara-negara Barat.

Groomsmen hadir untuk menjadi pendamping mempelai pria sekaligus pendamping bridesmaid. Jumlah yang ditentukan untuk groomsmen tentunya harus menyesuaikan dengan bridesmaid. Jika bridesmaid berjumlah lima orang, groomsmen pun sama.

Tugas bridesmaid

Tugas yang sebenarnya dilakukan tergantung pada jumlah kebutuhan pengantin dan ukuran acara sebenarnya dari pernikahan tersebut. Artinya acara yang diinginkan pengantin juga akan memengaruhi tugas yang harus dilakukan bridesmaid-nya. Berikut beberapa tugas yang dilakukan oleh bridesmaid.

1. Membantu persiapan pernikahan

Tugas pertama sebagai bridesmaid yaitu membantu persiapan acara. Menjadi bridesmaid tidak mudah. Kamu harus siap siaga apabila calon pengantin membutuhkan bantuanmu, baik di hari H maupun sebelumnya. Banyak yang bisa kamu bantu, semisal fitting baju, membeli sepatu, mencari makeup artist, atau persiapan lain.

2. Mempersiapkan bridal shower

Rasanya belum lengkap kalau tidak mengadakan acara bridal shower. Bridal shower yaitu selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang wanita sebelum hari pernikahannya. Biasanya, bridesmaid mempersiapkan salah satu tempat seperti kafe, restoran, atau tempat liburan seperti pulau untuk mengadakan acara perpisahan calon pengantin sebagai single woman.

3. Sebagai teman curhat

Pasti ada beberapa problem yang harus dilewati oleh calon pengantin dalam mempersiapkan acara ini. Bridesmaid hadir untuk mendengarkan keluh kesah atau berbagai masalah yang dihadapi calon pengantin dalam mempersiapkan acara besar mereka. Sebagai bridesmaid, tentu kamu harus menjadi pendengar yang baik.

4. Menjaga barang pengantin

Di hari H, terutama calon pengantin pasti kewalahan dengan barang bawaannya. Tugas sebagai bridesmaid ialah mengurus hal-hal penting seperti ponsel dan dompet pengantin tersebut.

5. Memastikan calon pengantin wanita tidak kelaparan

Makanan ialah hal terakhir yang dipikirkan pengantin wanita. Selama acara pernikahan, pengantin baru akan bertemu banyak tamu. Karena itu, bridesmaid perlu memastikan dia makan sebelum acara dan memastikan dia tidak kelaparan atau kehausan saat acara agar pengantin tetap nyaman dan sehat selama acara.

Tugas groomsmen

Berikut beberapa tugas dari groomsmen.

1. Menghadiri semua acara

Sebagai pendamping pengantin pria, groomsmen wajib banget untuk hadir di semua acara sebelum hari H. Selain sebagai pendamping, groomsmen juga hadir sebagai penerima tamu dan ikut membantu mempersiapkan acara-acara tersebut.

2. Mendampingi pengantin pria

Tugas wajib groomsmen yaitu berjalan di belakang pengantin pria menuju ke altar pernikahan atau pelaminan bersama dengan pasangan bridesmaid-nya masing-masing.

Baca juga: Inspirasi Busana Bridesmaid Hijab Modern 2022

3. Membantu pengantin pria dalam sesi games

Rangkaian acara cukup banyak dilewati sebelum hari H pernikahan. Salah satunya Bridesmaid Challenge yang ditujukan untuk pengantin pria dan groomsmen dalam menjemput calon pengantin wanita di kamar atau di rumahnya. Groomsmen harus membantu pengantin pria untuk berhasil menjemput pengantin wanita, seperti mengikuti aturan main yang telah dibuat oleh bridesmaid.

4. Memperhatikan calon pengantin pria tidak kelaparan

Sama halnya dengan bridesmaid, groomsmen juga perlu memperhatikan kondisi pengantin pria apakah dia sudah makan atau belum. Karena akan menemui beberapa tamu undangan, mengisi perut tidak terlalu mereka perhatikan. 

5. Selalu tersenyum

Tidak hanya pengantin, groomsmen pun akan sering bertemu dengan banyak tamu undangan. Menjadi pendamping mempelai tentu harus selalu tersenyum dan bersikap ramah terhadap siapapun yang mereka temui.

Itulah beberapa tugas dari bridesmaid dan groomsmen. Apakah kalian siap untuk menjadi bridesmaid dan groomsmen sahabat kalian nanti? (OL-14)

Baca Juga

Ist/Kemenperin

Calon Peserta Didik Vokasi Kemenperin Ikuti Tes Tertulis Online Pekan Ini 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:27 WIB
BPSDMI, Kemenperin, mengingatkan calon siswa dan mahasiswa yang mendaftar  pendidikan vokasi Kemenperin, untuk mempersiapkan diri...
Ist

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Kesehatan Terbaru

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:58 WIB
Aktivitas layanan telesales ini akan berfokus dalam merespons segala keinginan atau kebutuhan customer (inbound) dan melakukan service...
Ist

Nongshim Ajak Masyarakat Tak Sisakan Makanan Saat Makan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:02 WIB
Karena salah satu sampah organik itu berasal dari sisa makanan yang saat ini menjadi salah satu kekhawatiran dunia. dan turut memicu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya