Rabu 11 Mei 2022, 19:30 WIB

Ijab Kabul: Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Pengucapannya

Pierre Lavender | Humaniora
Ijab Kabul: Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Pengucapannya

Antara/Syaiful Arif.
Ilustrasi.

 

IJAB kabul atau ijab dan kabul berasal dari kata wajib yang berarti mewajibkan dan kata kabul yang berarti menerima. Ijab kabul digunakan dalam pernikahan yaitu ucapan dari orangtua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria.

Ijab yakni pengucapan atau akad dari wali pengantian perempuan. Sedangkan kabul diucapkan mempelai pria atau wakilnya disaksikan dua saksi. Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan, secara umum tidak ada lafaz atau bacaan khusus yang harus diucapkan dalam ijab kabul.

Ijab kabul merupakan ucapan yang dilakukan oleh wali mempelai perempuan dan penerimaan oleh mempelai laki-laki. Ijab kabul biasanya diawali dengan permintaan dari pihak pengantin laki-laki yang kemudian diterima dan diserahkan oleh pihak wali perempuan.

Baca juga: Isi Rukun Nikah sesuai Syariat Islam

Berikut merupakan arti dan bacaan ijab kabul, yaitu:

Ucapan ijab kabul biasanya diawali dengan membaca bismillah dan istighfar. Tujuannya agar terbebas dari gangguan jin dan setan. Setelah istighfar, wali dari mempelai perempuan akan mengucapkan kalimat berikut:

Saudara/Ananda ... (nama pengantin laki-laki) bin ... (nama ayah pengantin laki-laki) Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak saya yang bernama ... (nama pengantin perempuan) dengan maskawinnya berupa ..., tunai.

Baca juga: Nikah Siri: Syarat dan Pandangan Hukum

Setelahnya, pengantin pria langsung menjawab dengan kalimat:

Saya terima nikahnya dan kawinnya ... (nama pengantin perempuan) binti ... (nama ayah pengantin perempuan) dengan maskawinnya yang tersebut, tunai.

Ucapan ijab dari wali perempuan dan kabul dari mempelai laki-laki harus sambung menyambung tanpa putus. Kalau para saksi menganggapnya demikian, mempelai laki-laki dan mempelai perempuan sudah sah menjadi suami istri. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Sergio

Guru Madrasah Dikenalkan Pembelajaran Berteknologi Metaverse

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:30 WIB
MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai pentingnya pemanfaatan teknologi, termasuk metaverse di dunia pendidikan karena membuat ruang...
DOK IPB.

Riset Aksi Holosentrik untuk Pembangunan Pertanian

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:16 WIB
Dalam penerapan riset aksi holosentrik, peneliti tidak lagi mengambil jarak dengan petani, melainkan bersama petani untuk melakukan...
Antara

Kasus Ayah Perkosa Anak Disabilitas di Sumsel Harus Terus Dikawal

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:05 WIB
KASUS pemerkosaan yang dilakukan oleh ayah kepada anak kandungnya yang merupakan penyandang disabilitas hingga mengalami kehamilan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya