Minggu 08 Mei 2022, 20:30 WIB

Arus Balik, Sekitar 150 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta Hari Ini

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Arus Balik, Sekitar 150 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta Hari Ini

Antara/Fauzan
Suasana arus balik di Bandara Soekarno-Hatta

 

PERGERAKAN pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, pada arus balik mencatatkan rekor tertinggi sejak pandemi.

Hari ini, Minggu (8/5) atau H+5 yang diprediksi menjadi puncak arus balik, mencatatkan sebanyak 1.130 penerbangan dan 150 ribu penumpang per hari.

“Ini belum pernah terjadi sejak pandemi,” klaim Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya saat meninjau Terminal 2 Bandara Soetta.

Ia menjelaskan, dari total pergerakan pesawat dan penumpang, sekitar 40 persennya melalui Terminal 2 Soetta. Jika dirinci, ada 570 penerbangan dan paling tidak ada sekitar 3.500 orang per jamnya di terminal bandara tersebut.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Menhub meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, baik operator bandara, maskapai penerbangan, dan pihak terkait mempersiapkan dengan baik.

Baca juga : Jasa Marga: 1,2 Juta Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

“Saya meminta Ditjen Perhubungan Udara bersama Angkasa Pura II untuk mengawasi langsung kedatangan penumpang pada puncak arus balik sampai dengan malam ini,” kata Menhub.

Budi pun tidak bosan mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan kembali pada hari ini, guna mencegah terjadinya kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman. 

“Masyarakat yang belum pulang, jangan pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat lebaran ketupat selasa depan. Perjalanan akan lebih nyaman,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto memastikan pelayanan kedatangan penumpang di puncak arus balik ini berjalan dengan baik. 

“Dengan pergerakan 3.500 orang per jam, kira-kira ada 10 ribu tas atau bawaan per jamnya. Ini harus bisa dilayani dengan baik,” tuturnya.

Baca Juga

MI/Susanto

Jelang Puncak Haji, Kesehatan Jemaah Harga Mati

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:15 WIB
Edy mengatakan pemerintah terus menyampaikan pesan #jangantungguhaus. Pesan itu mendorong jemaah haji menjaga tubuh terhidrasi dan minum...
MI/Dok Kemenag

E-Haj, Aplikasi yang Memudahkan Jemaah Haji Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:42 WIB
"E-Haj adalah sebuah sistem elektronik haji yang di dalamnya ada beberapa informasi, di antaranya soal kuota yang kami terima,...
Ant/Hanni Sofia

Empat Tips Meraih Ibadah Haji yang Mabrur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:15 WIB
MENJELANG puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), konsultan ibadah Imam Khoiri menyampaikan 4 bekal meraih kemabruran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya