Rabu 20 April 2022, 23:20 WIB

Pembagian Masker Gratis Dimasifkan Selama Periode Mudik

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Pembagian Masker Gratis Dimasifkan Selama Periode Mudik

Antara
Ilustrasi

 

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menyusun strategi mencegah penularan covid-19 selama periode mudik. Upaya itu diharapkan meminimalkan potensi lonjakan kasus covid-19.

“Kami melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 di kalangan masyarakat dengan kembali melaksanakan pembagian masker di fasilitas publik,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Suharyanto dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (20/4)

Menurut Suharyanto, ikhtiar itu penting dalam rangka memperkuat protokol kesehatan (prokes). Pembagian masker dilakukan hingga masa mudik berlangsung dengan menempatkan anggota satgas di sejumlah titik.

“Serta mengawasi prokes di pos-pos pelayanan mudik, rest area dan tempat-tempat wisata,” papar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Upaya lainnya, yakni menyediakan pos layanan vaksinasi di jalur mudik. Fasilitas tersebut guna memudahkan masyarakat melengkapi vaksin booster.

“Pemudik yang belum divaksin tidak akan diputarbalik ke rumah tapi disiapkan pos vaksinasi sebelum melanjutkan perjalanan,” jelas Suharyanto.

Sementara itu, masyarakat diajak bekerja sama memastikan kasus covid-19 terkendali. Caranya dengan mengisi electronic health card alert (e-HAC) di PeduliLindungi sebelum berangkat mudik.

Suharyanto menyebut pemerintah bakal mengecek status vaksinasi pemudik secara acak. Hanya pemudik dengan kategori hijau yang dipersilakan lewat.

“Jika kategori merah, harus memiliki hasil negatif tes PCR (polymerase chain reaction) atau antigen,” pungkasnya  (OL-8)

Baca Juga

Antara

Update 7 Agustus: Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Hari Ini

👤MGN 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:33 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 750 sehingga menjadi 50.145...
DOK MI

Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:30 WIB
BERDASARKAN data Satgas Covid-19 hingga 7 Agustus 2022, kasus konfirmasi positif covid-19 bertambah sebanyak 4.279...
Dok Dompet Dhuafa

Eduwisata Ratusan Anak Yatim ke Sea World

👤Media Indonesia 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:10 WIB
ADA banyak cara berbagi kebahagiaan terhadap mereka yang kurang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya