Rabu 20 April 2022, 13:40 WIB

Presiden Imbau Pemudik Manfaatkan Angkutan Pesawat dan Kereta

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Imbau Pemudik Manfaatkan Angkutan Pesawat dan Kereta

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi calon penumpang di stasiun kereta api Pasar Senen

 

PRESIDEN Joko Widodo mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan moda transportasi udara dan kereta api. Ia melihat, di dua moda angkutan itu, masih banyak ruang yang tersedia yang bisa digunakan.

"Kalau kita lihat angka-angka untuk mudik, yang lewat udara saya kira masih ada ruang lebih longgar. Kemudian yang lewat kereta api juga masih ada sedikit ruang yang bisa dipakai oleh masyarakat," ujar Jokowi di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Kalaupun ada sebagian masyarakat yang tidak memiliki pilihan lain selain melalui jalur darat, kepala negara berpesan kepada mereka untuk berangkat lebih awal.

Jokowi khawatir, jika pemudik serempak berangkat pada 28, 29 dan 30 April, kemacetan total akan terjadi di banyak ruas jalan sehingga kegiatan mudik menjadi tidak aman dan nyaman.

"Yang berat memang adalah yang mudik lewat darat. Ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka ini bukan angka yang kecil," ucap mantan wali kota Solo itu.

Baca juga:  Satgas Paparkan 4 Alasan Masyarakat Harus Ekstra Waspada Covid-19 Selama Mudik

Ia pun sudah menginstruksikan para menteri terkait dan juga Kapolri untuk menyiapkan manajemen lalu lintas sebaik-baiknya. Aturan ganjil genap, jalur satu arah dan larangan truk melintas di tol harus betul-betul diimplementasikan dengan baik.

"Manajemen lalu lintas betul-betul disiapkan karena yang saya takutkan tanggal 28, 29, 30 itu akan macet total kalau tidak ada rekayasa lalu lintas," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/HO-komunitas kebaya Indonesia

Kolaborasi Menjaga Kebaya Di ASEAN

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:25 WIB
DISELA-sela  Workshop lima negara ASEAN yang sedang menyusun naskah bersama untuk pengajuan kebaya ke UNESCO pada 7 -8 Februari,...
dok.ist

TGS Sumut Gandeng Majelis Taklim, Doakan Penyintas Gempa Turki - Suriah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:19 WIB
RELAWAN Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut menggelar salat gaib, doa, dan zikir bersama jemaah Majelis Taklim Zikir Al-Hasanah untuk para...
Pinhome.id

Mengenal Teknik Aquarel Ciri, Jenis dan Contoh Gambar

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:17 WIB
Teknik Aquarel adalah teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya