Sabtu 26 Maret 2022, 17:25 WIB

Sisi Positif Pandemi Covid-19, Reformasi di Sektor Publik

Zubaedah Hanum | Humaniora
Sisi Positif Pandemi Covid-19, Reformasi di Sektor Publik

AFP
Ilustrasi

 

SEBAGIAN besar negara sedang berjuang dengan situasi COVID-19 saat ini. Banyak yang harus jatuh, menderita, tetapi memilih untuk bangkit dan pulih. Di sisi lain, covid-19 juga telah membawa perubahan besar yang positif.

"A Blessing in Disguise” juga dapat kita rasakan sebagai berkah yang telah berhasil mempromosikan berbagai praktik baik dan inovasi di banyak sektor,” kata Reza Fathurrahman, Sekretaris Program Studi Pascasarjana FIA UI, dilansir dari laman resmi Universitas Indonesia.

Hal itu disampaikan pada webinar Peringatan Dies Natalis ke-7, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) lewat virtual melalui webinar yang dihadiri kurang lebih 150 orang peserta, beberapa waktu lalu.

Webinar ini juga menghadirkan Reginald G Ugaddan dari University of the Philippines, Profesor Martani Huseini dari Universitas Indonesia, dan Profesor Mark Considine dari University of Melbourne.

Dalam kesempatan itu, Ugaddan membahas materi terkait Praktik Pemerintahan Inovasi Sistem Kepegawaian Utama di Filipina. Pada masa pandemi, ujarnya, Komisi Aparatur Sipil Negara di Filipina memiliki tujuan memperluas jangkauan ke semua pegawai pemerintah dengan membuat pembelajaran dan pelatihan yang dapat diakses melalui ponsel, tablet, dan komputer.

Cerita lain datang dari Indonesia. Martani menyampaikan bahwasanya ada beberapa 'berkah' yang diperoleh Indonesia melalui pandemi ini. Sebagian besar disrupsi terjadi karena lebih dominannya penggunaan teknologi di era pandemi, yang ternyata meningkatkan efisiensi, menurunkan harga produk dan layanan konsumen. "Karena penghapusan biaya distribusi yang penting,” ujarnya.

Di Australia, Mark Considine mengungkapkan, ada tiga hal utama yang dihadapi Pemerintah yang memengaruhi kompetensi dan kapabilitas pemerintah di pusat maupun di negara bagian.

Pandemi, tuturnya, telah mendorong adanya kebutuhan baru untuk meningkatkan kemampuan pemerintah dalam menangani bencana skala besar sebagai bentuk pelayanan publik penting.

"Bukan hanya sekadar pelayanan yang diberikan katakanlah sepuluh atau dua puluh tahun sekali,” ujarnya.

Dosen FIA UI, Janis Pieter mengatakan, ia  merekomendasikan pentingnya pengembangan arsitektur kebijakan baru  agar pemerintah dapat bekerja dengan cepat dan indikatif di era pandemi ini.

Selaku moderator, ia menyimpulkan, ketiga negara menghadapi kondisi yang beragam, memperoleh berkah yang berbeda, dan memiliki kebutuhan untuk menyelesaikan tantangan yang berbeda.

“Namun, kesamaannya itulah yang juga kami simpulkan, untuk menjadikan pandemi ini sebagai berkah, institusi harus bersiap menghadapi situasi yang tidak terduga, bahkan bisa lebih buruk dari pandemi,” kata Janis.

Ia menegaskan, koordinasi bersama kementerian, pusat, dan pemerintah daerah/negara bagian harus ditata ulang karena tidak ada yang bisa menghentikan perubahan ini. Sektor publik juga harus siap dengan strategi yang baik, menerapkan proses kebijakan yang transformatif, dan membangun orkestrasi yang lebih efektif dalam melakukan deliberasi keputusan makro kepada kebijakan mikro. (H-2)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Le Minerale Dukung KLHK Gelar Triathlon Kumpulkan Sampah

👤Mediaindonesia.com. 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:41 WIB
Akhirnya target Muryansyah melakukan giat Triathlon dengan bersepeda, berenang, dan berlari maraton dari Bali ke Jakarta selama 30...
Antara/Basri Marzuki.

Mengenal Angin Muson Penyebab Indonesia Alami Perubahan Musim

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:26 WIB
Angin muson dibagi menjadi dua jenis yakni angin muson barat dan angin muson timur. Berikut penjelasan proses dari kedua jenis angin...
dok.HMI

BADKO HMI Jabodetabek-Banten Resmi Dilantik PB HMI

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:25 WIB
PENGURUS Badko HMI Jabodetabek-Banten periode 2021-2023 resmi dilantik PB HMI di Jakarta, Sabtu lalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya