Selasa 11 Januari 2022, 15:16 WIB

Vaksin Booster Gratis, Masyarakat Diingatkan Tetap Displin Prokes

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Vaksin Booster Gratis, Masyarakat Diingatkan Tetap Displin Prokes

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Sejumlah relawan mendapat vaksinasi Covid-19 massal dosis booster di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyaykarta, Selasa (30/11/2021).

 

PRESIDEN Joko Widodo memutuskan vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster diberikan gratis kepada seluruh masyarakat. Meski menerima booster, Presiden mengingatkan masyarakat agar jangan kendur menjaga protokol kesehatan.

"Meski sudah divaksin, saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi covid-19 ini," ucap Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/1).

Presiden Jokowi menyampaikan mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan.

Upaya itu penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus covid-19 terus bermutasi.

"Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksinasi ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena, sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," ucap Jokowi.

Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini, calon penerima sudah menerima vaksin covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.

Di sisi lain, Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) sudah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk lima vaksin sebagai booster.

Vaksin yang sudah mendapat lampu hijau digunakan untuk dosis ketiga yakni Coronavac, Pfizer, Astrazeneca, Moderna, dan Zivivax. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

Ist

Dua Universitas Digandeng Waskita Karya untuk Program Magang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:34 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan dua universitas di Malang, Jawa Timur, dalam rangka pembukaan Program...
DOK KEMEN PPPA

UPTD PPA Diperlukan untuk Beri Perlindungan bagi Perempuan dan Anak

👤Mohamad Farhan Zhuhria 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:31 WIB
Menteri Bintang menuturkan untuk mendukung pelaksanaan dua fungsi baru KemenPPPA, keberadaan UPTD PPA dibutuhkan mulai dari tingkat...
AFP

Lawan DBD, Kemenkes Imbau Masyarakat Cegah Pengembangbiakan Nyamuk

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:23 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Didik Budijanto, mengimbau masyarakat melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya