Kamis 16 Desember 2021, 23:21 WIB

UMB Berkontribusi Dalam Inovasi Aplikasi Deteksi Janin

Widhoroso | Humaniora
UMB Berkontribusi Dalam Inovasi Aplikasi Deteksi Janin

Ist
Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta ikut berpartisipasi dalam Challenge And Innovation Forum (CIF) Qatar 2021.

 

UNIVERSITAS Mercu Buana (UMB) Jakarta ikut berpartisipasi dalam Challenge And Innovation Forum (CIF) Qatar 2021. Di ajang ini, UMB melakukan registrasi 6 produk inovasi dengan 6 orang dosen perwakilan.

Setelah melalui proses seleksi pada akhir Oktober 2021, 2 produk inovasui UMB lolos ke tahap final yaitu wawancara online dengan pihak penyelenggara di Qatar. Awal November 2021 diumumkan bahwa UMB berhasil mendapatkan kesempatan membawa 1 produk inovasi dengan perwakilan 1 dosen ke Qatar. Dr. Eng. Heru Suwoyo, dosen teknik elektro UMB menjadi wakil untuk mengikuti pameran di Qatar.

CIF Qatar 2021 sendiri mempunyai dua agenda yaitu pameran produk inovasi dan lomba inovasi. Pada lomba inovasi CIF, Heru bergabung di tim A bersama ilmuwan dari Senegal, Yordania, Pakistan, dan Iran.

Dijelaskan Heru, dirinya bersama ilmuwan lain di Tim A membuat inovasi dengan menciptakan aplikasi pendeteksi pergerakan janin dalam kandungan. "Aplikasi yang diberi nama Nabad akan membantu para ibu hamil untuk mendeteksi denyut nadi dan pergerakan janin," jelasnya dalam keterangan yang diterima, Kamis (16/12).

Dengan alat ini, jelas Heru, ibu hamil dapat memonitor kesehatan janin dalam rahimnya. Aplikasi Nabad disediakan bersamaan dengan produk lain sebagai sarana penyampaian hasil analisa data yang dikeluarkan melalui telepon genggam.

"Alat tersebut akan memudahkan ibu hamil mengetahui perkembangan janinnya sehingga sang ibu dapat menerima informasi apakah perlu ke dokter atau tidak," jelas Heru.

Aplikasi Nabad sendiri menyabet peringkat tiga lomba inovasi CIF Qatar 2021. "Prestasi ini menjadi pemicu UMB dalam meningkatkan produk inovasi dari dosen dan mahasiswa agar ke depan bisa ikut serta dalam acara sejenis," ungkap Heru. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

 Antara/Deni Setiadi

DPR Apresiasi Perkembangan Kualitas Layanan RS Murni Teguh Medan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 08:10 WIB
Rumah Sakit Murni Teguh sudah memiliki peralatan radiologi, fisioterapi, CT Scan dan lain sebagainya yang sudah modern serta di...
Ist/DPR

Gus Muhaimin Minta Negara Genjot Stimulus Bagi Anak Muda

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 08:02 WIB
Gus Muhaimin, menilai generasi muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, baik dari segi jumlah, kemampuan serta energi yang bisa...
Ist

Dukung Amalia Rezeki Selamatkan Bekantan di Kalimantan dari Kepunahan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 07:54 WIB
Populasi bekantan terancam punah karena perburuan liar, kerusakan dan konversi habitat, serta kebakaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya