Jumat 19 November 2021, 21:36 WIB

Menko PMK: Ibadah Natal dan Perayaan Tahun Baru akan Dibatasi

Faustinus Nua | Humaniora
Menko PMK: Ibadah Natal dan Perayaan Tahun Baru akan Dibatasi

MI/ANDRI WIDIYANTO
Lalu lintas Jakarta naik 40%: Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

 

Pemerintah akan kembali menerapkan kebijakan PPKM level 3 di masa liburan akhir tahun. Hal itu sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran covid-19 di Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhandjir Effendy mengatakan bahwa ketentuan yang sudah ditetapkan dalam PPKM level 3 akan kembali diberlakukan seluruh Indonesia. Selain itu juga ada ketentuan tambahan seperti melarang atau membatasi ibadah Natal dan perayaan Tahun Baru 2021.

"Ketentuan-ketentuan sebagaimana selama ini digunakan untuk mengatur PPKM level 3, itu yang diadopsi ditambah beberapa aturan tambahan untuk membatasi atau pun melarang kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan besar," ungkapnya kepada Media Indonesia, Jumat (19/11) malam.

Baca juga: Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru, Objek Wisata Di Sumsel Diminta Sesuaikan Aturan

Muhandjir menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan terkait perayaan Natal dan Tahun Baru akan diatur lebih detail lagi. Akan tetapi yang pasti ibadah dan perayaan di akhir tahun akan dibatasi dan diawasi secara ketat.

"Misalnya acara old and new, kemudian ibadah natal, kemudian pawai dalam rangka tahun baru dan seterusnya itu. Ada yang dilarang, ada yang kemudian dibatasi diatur lebih detail," imbuhnya.

Kebijakan PPKM level 3 juga membatasi mobilitas masyarakat. Sehingga, kegiatan seperti mudik di masa liburan pun dilarang. Masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi prokes dan menghindari kerumunan meski pandemi di Tanah Air sudah melandai.

Kebijakan tersebut juga menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk segera mengakhiri pandemi. Situasi yang mulai membaik di Tanah Air harus terus dijaga agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus covid-19. (A-2)

 

 

Baca Juga

AFP

Jemaah Terpapar Covid, Kemenag Akan Evaluasi Penyelenggaraan Umrah

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 25 Januari 2022, 15:35 WIB
Fase pertama yakni perwakilan tim aju, dari 25 orang yang berangkat, 11 (44%) orang dinyatakan positif serta fase kedua yakni dari 411...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

LLDikti Wilayah III Jakarta dan Universitas Gunadarma Gelar Vaksinasi Booster

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:31 WIB
Akselerasi program vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah. Selain itu juga, masyarakat harus waspada dengan terus disiplin menerapkan...
dok.humas

HGN 2022: Bulog Salurkan 6 Ton Beras Bervitamin ke Jabodetabek dan Jateng

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 13:46 WIB
DALAM rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) tahun 2022, Perum BULOG menyalurkan beras fortivit sebanyak 6 ton ke 12 yayasan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya