Kamis 11 November 2021, 22:34 WIB

Varian Covid-19 AY.4.2 Sudah ada di Malaysia dan Singapura, RI Lakukan Pengetatan Pintu Masuk Negara 

M. Iqbal Al machmudi | Humaniora
Varian Covid-19 AY.4.2 Sudah ada di Malaysia dan Singapura, RI Lakukan Pengetatan Pintu Masuk Negara 

Antara/Septianda Perdana
Petugas memeriksa dokumen kesehatan pelaku perjalanan luar negeri di Bandraa Internasional Kualanamu, Sumatera Utara

 

VARIAN Covid-19 Delta Plus atau AY.4.2 dikabarkan terdeteksi di Malaysia dan Singapura. Untuk mengantisipasi varian baru Covid-19 masuk Indonesia, pemerintah telah menerapkan pengecekan kesehatan berlapis di pintu masuk negara. 

"Upaya yang pemerintah lakukan untuk mencegah importasi kasus ialah menerapkan skrining kesehatan berlapis. Mekanismenya telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 20 Tahun 2021 beserta adendumnya," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kepada Media Indonesia, Kamis (11/11). 

Adapun regulasi yang dimaksud yakni SE Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). 

Kebijakan pengetatan masuk ke Indonesia sudah dilakukan sejak pandemi terjadi dan terus menyesuaikan dengan kondisi, sarana, dan prasarana yang ada. 

Baca juga : Eijkman: Varian Covid AY.4.2 Belum Ditemukan di Indonesia 

"Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya bahwa kebijakan covid-19 ini bersifat dinamis menimbang kondisi kasus terkini dan kesiapan sarana dan prasarana penegakan protokol kesehatan yang selalu dimonitoring melalui pencatatan data dan fakta di lapangan," ujarnya. 

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah juga perkuat pintu masuk negara dengan karantina dan PCR sebanyak 3 kali. 

"Kita perkuat pintu masuk negara dengan syarat 3 kali PCR negatif dan karantina. Saat ini WNA Singapura dan Malaysia belum bisa masuk ke Indonesia," ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/ HO

Dirjen Pendis Ajak Guru Beradaptasi dengan Kondisi Kontemporer

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:58 WIB
Ramdani mengajak agar para guru terus aktif mengikuti perkembangan...
MI/ Moh Irfan

Covid-19 Masih Menginfeksi, Hari ini 224 Kasus Positif

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:42 WIB
Dengan penambahan kasus positif hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.054.173...
AFP/Brian WJ Mahy.

CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:25 WIB
CDC mendesak penyedia layanan kesehatan di AS untuk waspada terhadap pasien yang memiliki penyakit ruam yang konsisten dengan cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya