Kamis 28 Oktober 2021, 07:05 WIB

Uang bukan Segalanya

Jek/M-4 | Humaniora
Uang bukan Segalanya

Dok. Pasar Gratis Samarinda
Pengunjung pasar gratis Samarinda.

 

Di Tepian, Kalimantan Timur, hingga saat ini masih banyak pedagang kaki lima yang kesulitan berjualan. Hal itu menjadi salah satu concern dari teman-teman di Pasar Gratis Samarinda bahwa di tengah pandemi ini masih banyak warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Melalui Pasar Gratis Samarinda, anak-anak muda dari berbagai latar belakang pun bergerak membagikan barang-barang kebutuhan warga secara gratis dengan menggelar lapak.

“Kami akan tetap lakukan hal baik. Bagaimanapun yang kami tentang adalah uang itu dijadikan sebagai alat untuk memperkaya diri sendiri. Jadi, kami akan melawan stigma itu dengan mendistribusikan barang-barang secara gratis,” terang Conan, salah satu anggota Pasar Gratis Samarinda, Rabu (27/10).

Inisiatif yang mereka lakukan itu sudah berjalan hampir dua tahun, atau dimulai sejak awal-awal masa pandemi. Barang yang dibagikan secara gratis itu dikumpulkan dari koleksi milik pribadi dan donasi dari masyarakat.

“Jadi, tiap kami mau melapak, kami sebar flyer dulu. Atau dari mulut ke mulut. Nantinya barang itu bisa didrop di tempat kami, atau kami yang ambil,” tambah Tilpat, salah satu anggota Pasar Gratis Samarinda.

“Kami tidak pernah merasa direpotkan. Dan, kalau cuma mengharap dari pemerintah di masa seperti ini, ya tidak akan bisa. Jadi, mending saling bersolidaritas, rakyat bantu rakyat.” (Jek/M-4)

 

 

Biodata

 

Pasar Gratis Samarinda

 

Bergerak sejak Mei 2020.

 

Menggelar lapak yang menyediakan barang-barang secara gratis kepada masyarakat, seperti pakaian, sayuran, dan makanan, juga jasa gratis seperti potong rambut.

Baca Juga

Antara/Suwandy.

KPAI Dorong Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:38 WIB
Pihaknya mengimbau kepada seluruh orangtua agar tidak ragu untuk memberikan vaksinasi covid-19 untuk...
AFP

Biaya Pemeriksaan RT-PCR dengan Hasil Cepat tak Boleh Melebihi Tarif Tertinggi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:07 WIB
Pemerintah telah menetapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR melalui surat edaran tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan...
 FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden

Tinjau Mangrove Conservation Forest, Presiden: Kita Tunjukkan kepada Dunia

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:07 WIB
Indonesia harus bisa menunjukkan pada masyarakat internasional akan komitmennya dalam mengatasi perubahan iklim dan melestarikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya