Senin 25 Oktober 2021, 16:41 WIB

Diprediksi Hampir 20 Juta Orang Jawa-Bali Lakukan Mobilitas saat Libur Nataru

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Diprediksi Hampir 20 Juta Orang Jawa-Bali Lakukan Mobilitas saat Libur Nataru

ADAM DWI / MI.
Ilustrasi

 

DIPREDIKSI hampir 20 juta masyarakat di Pulau Jawa dan Bali diprediksi melakukan mobilitas selama libur Natal dan tahun baru (nataru). Hal itu berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan.

"Wilayah Jawa Bali yang diperkirakan akan melakukan perjalanan sekitar 19,9 juta (orang) sedangkan Jabodetabek 4,45 juta (orang)," kata Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam telekonferensi di Jakarta, hari ini.

Luhut mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan para menteri membuat strategi pencegahan. Sebab, mobilitas tinggi tanpa pengaturan protokol kesehatan ketat akan meningkatkan risiko penyebaran kasus.

Baca juga: Kominfo Temukan 1.957 Hoaks Terkait Covid-19

"Presiden memberikan arahan tegas kepada kami untuk merancang agar tidak ada peningkatan kasus akibat liburan nataru," papar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.

Luhut meminta masyarakat terus memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan (3M). Pemerintah juga melakukan tugasnya dengan memasifkan testing, tracing, dan treatment (3T).

Selain itu, penggunaan tes polymerase chain reaction (PCR) segera diterapkan pada moda transportasi lain. Saat ini, tes PCR baru diwajibkan bagi penumpang pesawat. (Medcom.id/OL-4)

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 Bertambah 264 Kasus. Angka Jakarta Tertinggi

👤Ant 🕔Minggu 28 November 2021, 23:35 WIB
DKI 51 kasus, lalu di Jateng 33 kasus, Jatim 32 kasus, Riau 26 kasus, serta Jabar 25...
MI/Susanto

Transmisi Televisi Analog Ke Digital Utamakan Kesetaraan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 28 November 2021, 23:30 WIB
SIARAN televisi analog telah mengudara selama 60 tahun di Indonesia. Namun dalam waktu satu tahun, televisi analog hanya akan menjadi...
MI/Andri Widiyanto

Tak Boleh Arogan, Ormas Harus Taat Hukum

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 28 November 2021, 22:05 WIB
ORGANISASI kemasyarakatan (Ormas) mesti menjadi suri tauladan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan selalu mengamalkan nilai-nilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya