Jumat 30 Juli 2021, 22:49 WIB

Banyak Diminati, Seleksi ICStar Hackathon 2021 Makin Ketat

Retno Hemawati | Humaniora
Banyak Diminati, Seleksi ICStar Hackathon 2021 Makin Ketat

Dok ICStar Hackathon 2021
ICStar Hackathon 2021

 

Sebanyak lebih dari 500 kandidat dari 100 universitas di Indonesia dan Malaysia berpartisipasi dalam kompetisi ICStar Hackathon 2021 yang diprakarsai oleh PT Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia).

Mereka yang mendaftar menjalani proses seleksi ketat berupa tes tertulis dan wawancara hingga mengerucut menjadi 66 partisipan terpilih.

Sejumlah 66 partisipan yang lolos akan dibagi ke dalam 22 grup dengan masing-masing grup beranggotakan 3 orang. Para peserta ini diberi business case dari industri untuk membuat solusi pemecahan masalah dari case tersebut. Kemudian peserta ini akan diseleksi kembali hingga menyisihkan finalis.

Kompetisi ICStar Hackathon 2021 akan berlangsung selama sekitar lebih dari delapan bulan. Diawali dengan proses registrasi pada Maret - Mei, proses filtering di bulan Juni, pelatihan di bulan Juli, proses workshop di bulan Agustus-September, dan terakhir Final Showcase di bulan Oktober 2021.

“ICStar Hackathon 2021 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini kita akan berkolaborasi dengan industri dan universitas dari Malaysia," kata Marcino Waas, Project Manager ICStar Hackathon 2021, sekaligus CEO ONE Indonesia.

Program ICStar Hackathon 2021 menggandeng sejumlah partner dari industri, universitas dan teknologi. Kompetisi ini diadakan untuk menjembatani universitas dan industri dengan memanfaatkan tren teknologi terkini dalam RPA (Robotic Process Automation) sebagai pusat topik kompetisi.

Untuk sesi pelatihan atau training, akan diberikan oleh UiPath dan TVExtract. Setelah peserta dibekali pengetahuan mengenai teknologi tersebut, kemudian dilanjutkan ke tahap workshop (Hands-on use case). "Otomatisasi adalah kuncinya. Dua tahun terakhir ini, semakin banyak orang perlu bekerja offside dari rumah, dan sangat penting untuk memiliki otomatisasi sebagai salah satu elemen kunci dalam apa pun yang kita lakukan hari ini," kata Jeya Shanker, CEO TVExtract, SVP of Business Development Learning Vista.

"Kami mendukung adanya lomba RPA, yang disebut ICStar RPA Hackathon. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi industri kita dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya untuk meningkatkan produktivitas kita," tutur Kris Sujatmoko, Lead Instructor UiPath Academic Alliance, perwakilan Telkom University.

Pada tahap final showcase, peserta yang lolos ke babak final akan berkompetisi secara live di YouTube dan Zoom. Para finalis akan mempresentasikan ide dan solusi business case industri di hadapan para juri.

Sementara total hadiah beserta manfaat tambahan mencapai Rp200 juta yang disiapkan oleh PT Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia).

Tak hanya itu saja, sebanyak 66 partisipan tersebut akan direkrut oleh beberapa perusahaan partisipan yakni dari Indonesia ada Indosat, Adira, BCA, Eksad dan IDStar. Sementara dari Malaysia ada TVExtract. ICStar Hackathon tahun ini menggabungkan kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia untuk lebih meningkatkan daya saing dan level kompetisi.

Robotic Process Automation (RPA) di sini bukanlah robot secara fisik, melainkan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu menyederhanakan pekerjaan manusia yang bersifat repetitif. RPA mampu meniru aktivitas manusia dengan tingkat akurasi dan kecepatan yang hampir mencapai 100%.

Baca Juga

Antara

Kuartal III 2022, Vaksin Merah Putih Ditargetkan Dapat EUA

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:45 WIB
Saat ini, LBM Eijkman sudah menyelesaikan fase research and development untuk vaksin Merah Putih, serta berhasil membuat bibit...
dok.UWG

Kampus Widyagama dan Kodam V Brawijaya Gelar Vaksinasi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:41 WIB
UNIVERSITAS Widyagama bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya ikut mendukung percepatan vaksinasi covid-19 pemerintah dengan menggelar...
Antara

Satgas Covid-19 : Kedisiplinan Memakai Masker Turun

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:05 WIB
HASIL Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19, memperlihatkan adanya penurunan kedisiplinan memakai masker di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya