Rabu 07 Juli 2021, 11:25 WIB

Tanggulangi OTG, TNI Siapkan 650 Tempat Tidur

Cahya Mulyana | Humaniora
Tanggulangi OTG, TNI Siapkan 650 Tempat Tidur

ANTARA FOTO/ ABRIAWAN ABHE
Ilustrasi tenda dari TNI untuk pasien covid-19

 

PANGLIMA TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Batalyon Kesehatan 1 (Yonkes-1) Marinir di Kesatrian Hartono Brigif-1 Marinir, Cilandak, Jakarta. Ia memutuskan untuk menambah 650 tempat tidur untuk fasilitas isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan disambut oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Danbrigif-1 Mar Kolonel Mar Freddy Ardianzah.

Panglima TNI mengatakan semua permasalahan atau kendala yang dihadapi, khususnya tenda rumah sakit bisa disampaikan langsung kepada BNPB.

“Kalau memang perlu diajukan saja untuk perbantuan disini, BNPB kan punya tenda seperti ini. Nanti tinggal di inventarisir. Berarti Rumkitlap TNI AL yang berada di Cilandak dan Gedung Dolos Kwini bisa menampung 400 orang,” ujar Panglima TNI, Rabu (7/7).

Saat ini, Marinir TNI AL sudah memiliki gedung isolasi covid-19 yang berada di Lanmar Jakarta Gedung Dolos berkapasitas 300 tempat tidur termasuk 8 ruangan bertekanan negatif (hepafilter) dengan 25 tenaga kesehatan dan Rumah Sakit Lapangan Brigif-1 Marinir berkapasitas 100 tempat tidur dengan 25 tenaga kesehatan.

Baca juga: Warga Antusias Terima Vaksin Covid-19 dari TNI AL

Pada kesempatan yang sama, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono juga mengatakan selain 400 tempat tidur yang berada di Rumkitlap Yonkes-1 Marinir dan Gedung Dolos Lanmar Jakarta, TNI juga menyiapkan 150 tempat tidur di Yonkes 1/Kostrad dan 100 tempat tidur di Yonkes TNI AU.

Sementara itu, Lettu Laut (K) Bimo selaku dokter yang bertugas di Rumkitlap Yonkes-1 Marinir mengatakan bahwa rumah sakit lapangan yang digelar oleh Batalyon Kesehatan-1 Marinir ini terdiri dari ruang perawatan pria dan wanita. Masing-masing berkapasitas 20 orang dan terdapat 1 ruangan ICU (Intensive Care Unit) yang dapat dioperasikan setiap saat.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/ AHMAD SUBAIDI

Menko PMK Minta Pemda Optimal Tangani Bayi Berat Lahir Rendah

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Desember 2021, 09:15 WIB
Pemda harus gencar mensosialisasikan usia pernikahan matang, edukasi  gizi sehat kepada calon pengantin, dan mengampanyekan bayi lahir...
freepik

Ini Lima Cara Ajak Anak Sukai Ilmu Pengetahuan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 08:45 WIB
Pembelajaran STEM dapat membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan di industri 4.0 yang mendorong lebih...
Medcom

Risiko ODHA Terinfeksi Covid-19 Sama dengan Orang Lain

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 07:45 WIB
Walau begitu, dapat terjadi peningkatan risiko lebih tinggi atau lebih mudah terinfeksi jika ODHA belum mencapai tahap supresi virus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya