Senin 21 Juni 2021, 22:54 WIB

Pelatihan JARKOM Pertajam Tombak Komunikasi Pemerintah

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Pelatihan JARKOM Pertajam Tombak Komunikasi Pemerintah

Dok. Kemenkominfo
Pelatihan jurnalistik JARKOM yang diadakan Kemenkominfo

 

DIREKTORAT Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom) bagi tenaga kehumasan di kementerian dan lembaga. 

JARKOM yang berlangsung selama empat hari pada 14-17 Juni 2021 bertema “Teknik Penulisan Storytelling", bertujuan meningkatkan kinerja Humas Pemerintah dengan memberikan pemahaman cara menyampaikan kebijakan dan program pemerintah melalui teknik bercerita atau storytelling. Dengan kemasan storytelling, diharapkan pesan yang ingin disampaikan pemerintah dapat diterima dan meningkatkan partisipasi publik terhadap proses pembangunan. 

Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo Sumiati mengatakan, peran humas Pemerintah ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi. 

“Humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah,” katanya dalam keterangan tertulis.

JARKOM diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Widiarsi Agustina dan penulis Leila Chudori. 

“Bukan sekedar informasi penting, agar publik trust dan ikut berpartisipasi,” kata Widiarsi. 

Baca juga : Aktivis Medsos: Kritik Adalah Hak Namun Provokasi Tidak

Widiarsi menambahkan, pesan kepada seluruh ASN agar tetap semangat untuk belajar dan berlatih, serta terus berkreasi. 

Sementara itu, Leila berbagi wawasan secara detail bagaimana melatih penulisan naratif. 

“Di dalam semua bentuk penulisan, penulis harus mampu bernarasi. Tentukan intro/lead yang mencuri perhatian, berceritalah dengan bahasa yang pas, namun tidak bertele-tele,” jelasnya.

Salah satu tips dari Leila dalam penulisan storytelling adalah memperbanyak latihan menulis sendiri dan membaca baik non fiksi maupun fiksi, karena itulah yang melatih kita dalam penulisan dan menentukan pemilihan bahasa. 

Selama empat hari Webinar Pelatihan Jurnalistik JARKOM diikuti oleh para humas kementerian/lembaga di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang PMK, dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Setiap harinya ada lebih dari sekitar 50 orang ASN dari Kementerian/Lembaga terkait yang berpartisipasi dalam kegiatan. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/PERMANA

Kalau Lo Semua Divaksin, Nanti Slank Tur Lagi

👤Ifa/X-7 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 06:00 WIB
MESKI antusiasme masyarakat akan vaksinasi covid-19 saat ini dinilai cukup besar, ajakan untuk vaksin bagi masyarakat masih harus terus...
Dok.BPPT

Menteri KLHK Antisipasi Puncak karhutla dengan Hujan Buatan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:45 WIB
Upaya TMC di Provinsi Riau, pada fase pertama, 10 Maret sampai 5 April 2021, secara umum meningkatkan curah hujan sekitar 33 hingga 64...
Dok. Kiny Cultura Indonesia

Lestarikan dan Promosikan Budaya Indonesia, Anak Indonesia Raih Sertifikat CID UNESCO

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:40 WIB
Penghargaan diberikan kepada Alif Rajendra Aryaputa Sidik di kategorin Male Yout Folk musician appreciation award dan Kalya Mahiya Pravina...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya