Jumat 11 Juni 2021, 21:25 WIB

Satgas Imbau Penggunaan Ivermectin Sesuai Rekomendasi BPOM

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Satgas Imbau Penggunaan Ivermectin Sesuai Rekomendasi BPOM

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

 

OBAT ivermectin yang sudah didistribusikan di daerah seperti Kudus, apakah Satgas akan menarik penggunaannya kembali mengingat Badan POM mewanti-wanti bahwa pemberian obat tersebut harus dengan resep dokter dan penggunaannya.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan pada prinsipnya sampai saat ini penelitian terkait penemuan obat-obatan dan upaya terapeutik untuk penyakit Covid-19 masih terus dilakukan dan terus berkembang hasilnya sebagai tindak lanjut untuk memastikan khasiat dan keamanan dalam pengobatan Covid-19.

Baca juga: Banyak Warga Terinfeksi, Kades Mengunci Aktivitas Desa

"Maka Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI akan segera melakukan studi lanjutan dengan melibatkan beberapa rumah sakit," kata Prof Wiku dalam keterangannya Jumat (11/6).

Sebagaimana yang disampaikan oleh Badan POM bahwa kehati-hatian sangat diutamakan dalam menggunakan obat ini dan harus dibawa rekomendasi berdasarkan observasi dan indikasi tertentu oleh dokter.

"Mohon bagi daerah yang telah menerima bantuan pengobatan Ivermectin memastikan penggunaannya sesuai dengan rekomendasi Badan POM," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok/FKM.UI

Epidemiolog: Butuh PSBB untuk Tekan Kasus Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:20 WIB
Epidemiolog UI dr.Iwan Ariawan,MSPH, mengungkapkan, untuk menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia, sebenarnya dibutuhkan PSBB seperti...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Vaksinasi, TNI-Polri Sasar Masyarakat Pesisir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:08 WIB
Vaksinasi ini menargetkan 2.000 orang untuk pegawai dan pendukung pelabuhan berikut keluarga dan masyarakat di sekitar...
 ANTARA / Harviyan Perdana Putra

BPPT Lock, Inovasi Hadapi Masalah Pesisir Pantai Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:05 WIB
Tantangan saat ini adalah kebutuhan-kebutuhan dalam mengamankan daerah yang mengalami potensi bencana dengan memanfaatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya