Senin 07 Juni 2021, 18:01 WIB

Tim Peneliti Botani LIPI Identifikasi 11 Jenis Baru Flora di 2020

Faustinus Nua | Humaniora
Tim Peneliti Botani LIPI Identifikasi 11 Jenis Baru Flora di 2020

MI/Susanto
Ilustrasi

 

SELAMA tahun 2020 tim Peneliti Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI berhasil menemukan 11 jenis baru flora. Jenis-jenis baru tersebut selain ditemukan oleh peneliti bidang Botani, ada pula yang merupakan hasil kolaborasi dengan peneliti satuan kerja lain (Kebun Raya), institusi lain termasuk peneliti asing.

"Hasil temuan jenis baru tersebut sudah diterbitkan di beberapa jurnal ilmiah internasional," tulis LIPI di akun instragram resminya @lipiindonesia, Senin (7/6).

Adapun 11 jenis baru tersebut adalah 4 jenis baru marga Begonia yang ditemukan oleh Deden Girmansyah dan tim, 1 jenis baru Impatiens marroninus Utami (Balsaminaceae) oleh Nanda Utami, 2 jenis baru anggrek oleh Paul Ormerod and Lina Juswara, 1 jenis baru Dracaena jiewhoei Hambali, Sulistiarini & Rugayah oleh G.G. Hambali, Diah Sulistiarini & Rugayah.

Baca juga: Guru Besar UII: Tanaman Obat Covid-19 ada dalam Al Quran

Kemudian ada 1 jenis baru Nepenthes diabolica A. Biancgi, Chi.C.Lee., Golos, Mey, M. Mansur & A.S.Rob. oleh Andrea Bianchi, Chien C. Lee, Michal R. Golos, François S.Mey, Muhammad Mansur, Alastair S. Robinson, 1 jenis baru Syzygium tinombalum oleh Siti Sunarti, dan 1 jenis baru Etlingera tjiasmantoi oleh Marlina Ardiyani dan Tim.

"Dengan penemuan ini membuktikan bumi tempat kita tinggal sangat kaya dengan flora. Untuk itu, mari #SahabatLIPI kita jaga bersama lingkungan kita!" tulis LIPI.(OL-4)

Baca Juga

AFP/Sergio

Guru Madrasah Dikenalkan Pembelajaran Berteknologi Metaverse

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:30 WIB
MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai pentingnya pemanfaatan teknologi, termasuk metaverse di dunia pendidikan karena membuat ruang...
DOK IPB.

Riset Aksi Holosentrik untuk Pembangunan Pertanian

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:16 WIB
Dalam penerapan riset aksi holosentrik, peneliti tidak lagi mengambil jarak dengan petani, melainkan bersama petani untuk melakukan...
Antara

Kasus Ayah Perkosa Anak Disabilitas di Sumsel Harus Terus Dikawal

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:05 WIB
KASUS pemerkosaan yang dilakukan oleh ayah kepada anak kandungnya yang merupakan penyandang disabilitas hingga mengalami kehamilan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya