Selasa 27 April 2021, 12:33 WIB

Petani Lumbung Pangan Baznas Siap Layani Pesanan Zakat Fitrah

mediaindonesia.com | Humaniora
Petani Lumbung Pangan Baznas Siap Layani Pesanan Zakat Fitrah

Ist/Baznas
Kemandirian kelompok petani menjadi target utama Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Baznas.

 

KEMANDIRIAN kelompok petani menjadi target utama Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Baznas dengan membiasakan kelompok tani bukan hanya sekadar membudi daya tanaman padi .

Akan tetapi para petani mampu memproduksi hasil tani menjadi beras siap jual hingga pemasaran kepada konsumen. Maka akan terbentuknya mental usaha dari hulu ke hilir dalam diri petani binaan.

Momentum bulan Ramadan 1442 H menjadi momen bagi petani Lumbung Pangan Serang untuk membiasakan diri dalam setiap proses pengelolaan usaha. Dimulai dengan memenuhi setiap pesanan beras keperluan zakat fitrah dengan ukuran 3 kg, menjual beras hasil budidaya pada kegiatan Bazaar Ramadhan dengan harga terjangkau.

Petani Lumbung Pangan Serang telah memiliki inovasi terbaru dengan terbentuknya usaha baru, yakni jasa sablon kemasan beras. Sehingga setiap konsumen atau mitra bisnis petani dapat memesan beras sekaligus dengan brand dan logo kemasan yang diinginkan.

Faoji, 43, ketua kelompok tani Lumbung Pangan Serang mengungkapkan bahwa inovasi ini diawali dengan adanya salah satu petani yang memiliki bakat sablon. Berawal dari situlah kelompok tani sepakat untuk membangun jasa sablon kemasan yang dimodalkan dari dana kelompok tani.

"Alhamdulillah di awal Ramadhan ini Lumbung Pangan Serang sudah mengeluarkan 200 paket isi 5 kg dan 1000 pack isi 3 kg. Semoga ke depannya kelompok tani semakin berkembang dan terbentuk kemandirian bagi diri petani Lumbung Pangan Baznas," ujar Faoji.

Pencetakan kemasan dilakukan secara manual dengan memberdayakan sumber daya petani yang ada, sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan dan brand/logo kemasan beras sesuai dengan keinginan konsumen. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Waspada Varian Baru, Pemerintah Diminta Perketat Pintu Masuk Wisatawan Asing

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:57 WIB
Berkaca pada varian Delta, Indonesia terlambat mencegah dan mengantisipasi sehingga terjadi lonjakan kasus...
DOK YAKULT

30 Tahun Yakult Berkontribusi untuk Indonesia

👤Ihfa Firdaus 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:48 WIB
Saat ini, penjualan Yakult mencapai 7 juta botol per hari. Jumlah ini masih akan bertambah karena baru 3,5% masyarakat Indonesia yang...
Dok. KLHK

Kaum Muda Bergerak Pulihkan Lingkungan Hidup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:00 WIB
Diharapkan KLHK melibatkan kaum muda di dalam proses-proses pembuatan kebijakan yang berkaitan langsung dengan kaum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya