Minggu 18 April 2021, 17:07 WIB

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dorong Tumbuhkan Toleransi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dorong Tumbuhkan Toleransi

DOK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

SEBAGAI negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa, toleransi merupakan salah satu hal penting yang harus dipelihara dan dirawat eksistensinya di Indonesia terutama pada generasi muda. Salah satunya dilakukan melalui penumbuhkembangan toleransi pada mahasiswa melalui penciptaan ruang jumpa untuk saling mengenal dan belajar satu sama lain.

Ruang perjumpaan inilah yang coba diimplementasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Setelah resmi diluncurkan pada 12 April 2021, program ini mulai disosialisasikan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) seluruh Indonesia.

Sosialisasi secara daring dilaksanakan pada Rabu (14/4) bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mejelaskan berbagai hal mengenai program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Tahun ini, program ini secara formal masuk dalam salah satu aktivitas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mendapatkan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dalam sosialisasi tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani mengajak pimpinan PTS untuk terlibat aktif dalam program ini. Menurutnya, dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa akan mengikuti kegiatan kemsyarakatan dengan Modul Nusantara.

"Tujuanya adalah memberikan pemahaman dan manfaat agar mahasiswa agar memahami arti keberagaman dan suasana yang berbeda dari tempat asalnya atau disebut dengan sebutan mahasiswa Pancasila," ungkap Paris.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mengusung konsep baru dalam pelaksanaanya seperti adanya kegiatan sosial kemasyarakatan melalui Modul Nusantara yang terdiri dari empat kegiatan, yakni kebinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial. Melalui modul ini mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk ikut terlibat dalam berbagai kegiatan. (RO/OL-15)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

DOK Kenari Djaja

Kenari Djaja Gelar Kompetisi Desain Handle Pintu

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 12 Mei 2021, 23:41 WIB
HANDLE atau pegangan pintu merupakan hal kecil dalam desain interior sebuah bangunan. Namun, hal ini tidak membuat handle pintu bisa begitu...
DOK MI

Kemendikbudristek-LPDP Buka Program Beasiswa SDM Pendidikan Tinggi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:23 WIB
Kemendikbudristek telah meluncurkan berbagai skema pembiayaan studi untuk pendidikan tinggi akademik dan pendidikan tinggi vokasi dan...
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Tutup Sementara, Nikmati Keindahan Bunaken Setelah 16 Mei 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:43 WIB
Taman Nasional Bunaken di Kota Manado, Sulawesi Utara ditutup sementara hingga 16 Mei selama libur dan cuti bersama Lebaran untuk kunjungan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya