Minggu 11 April 2021, 18:13 WIB

Presiden Ingatkan Pentingnya Siaga Bencana

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Presiden Ingatkan Pentingnya Siaga Bencana

Antara
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Desa Nelelamadike, NTT.

 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan pentingnya kesiagaan dalam menghadapi bencana. Hal itu disampaikannya saat merespons bencana gempa bumi di Jawa Timur dan sejumlah bencana alam dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya mengingatkan kepada gubernur, bupati dan wali kota untuk terus mengimbau masyarakat. Utuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, serta kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," tutur Jokowi, sapaan akrabnya, di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (11/4).

Apalagi, Indonesia berada di wilayah cincin api atau ring of fire, yang rentan terhadap potensi bencana alam. Oleh karena itu, kesiagaan dan kewaspadaan perlu diperkuat. Jokowi pun meminta daerah mempererat kerja sama dengan masyarakat dalam mengantisipasi bencana.

Baca juga: Jokowi Minta Optimalkan Penanganan Gempa di Jawa Timur

"Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat. Baik itu gempa dan yang lainnya," imbuh Kepala Negara.

Terkait bencana gempa bumi di Jawa Timur, Presiden memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan penanganan tanggap darurat. Jokowi juga menginstruksikan pencarian dan perawatan korban, serta penanganan pascagempa dilakukan dengan maksimal.

"Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan dan juga Menteri PUPR, serta Panglima TNI dan Kapolri, juga pemprov, pemkot dan pemkab untuk segera melakukan langkah tanggap darurat," tandas Presiden.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Nadiem Makarim Terinspirasi Model Pendidikan ala Pendiri Nahdlatul Ulama

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:03 WIB
Menurutnya, model pendidikan KH Hasyim Asy'ari yang memanusiakan manusia terbukti berhasil mencetak generasi penerus yang berkarakter,...
Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya