Kamis 25 Maret 2021, 14:15 WIB

RT Lamp Diluncurkan, Alat Deteksi Covid-19 Gunakan Air Liur

Ilham Pratama Putra | Humaniora
RT Lamp Diluncurkan, Alat Deteksi Covid-19 Gunakan Air Liur

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro

 

Perusahaan farmasi Kalbe Farma meluncurkan alat deteksi covid-19 dengan sampel air liur. Alat tersebut diberi nama RT Lamp Covid-19.

RT Lamp sejatinya merupakan kependekan dari nama metode yang digunakan alat tersebut, yakni Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification. Secara spesifik, metode ini mendeteksi asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus korona.
 
"Hari ini saya ucapkan selamat kepada PT Kalbe Farma yang berhasil menghadirkan RT Lamp saliva ini," kata Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro, dalam konferensi pers daring, Kamis, (25/3). 

Baca juga: Cegah Vandalisme, BPPT Sosialisasi InaBuoy ke Awak Kapal
 
Menurut Bambang, inovasi sangat menjanjikan dalam upaya peningkatan deteksi covid-19 di Tanah Air. Selain itu, penggunaan air liur atau saliva akan mempermudah pengambilan sampel.
 
"Karena PCR (polymerase chain reaction) test kit yang dengan dicolok dianggap tidak nyaman," tambah bambang.
 
Menurutnya, RT Lamp Saliva yang dihadirkan Kalbe Farma akan menjadi bagian penting dari inovasi Indonesia dalam bidang deteksi covid-19. Inovasi ini dinilai akan meningkatkan kapasitas deteksi covid-19 di Tanah Air.
 
"Kita semua tahu kesuksesan kita mengendalikan covid-19 sangat tergantung pada tingkat testing yang kita lakukan. Semakin banyak testing, maka kita semakin banyak kita bisa identifikasi orang yang positif," tutur dia. (H-3)

Baca Juga

Dok. Indoffod

Ketahanan Pangan Jadi Tema Beasiswa Riset IRN 2021

👤Citra Larasati 🕔Rabu 23 Juni 2021, 02:00 WIB
Program IRN adalah pemberian dana bantuan riset kepada mahasiswa S1)yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuk...
MI/Syarief Oebaidillah

Program Kampus Merdeka Jadi Penilaian Kegigihan Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 23 Juni 2021, 01:00 WIB
Berbagai program tersebut, di antaranya magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa, Kampus Mengajar, dan magang dengan...
naturalpluspharma.com

Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:41 WIB
Ketimbang menggunakan obat herbal tersebut, lebih baik para peneliti maupun pengembang obat tradisional di Indonesia mencari dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya