Senin 22 Februari 2021, 23:15 WIB

Epidemiolog Pesimis Herd Immunity Dicapai dalam 15 Bulan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Epidemiolog Pesimis Herd Immunity Dicapai dalam 15 Bulan

Antara
Vaksin Coronavac buatan Sinovac

 

INDONESIA membutuhkan waktu 15 bulan, mulai Januari 2021 hingga Maret 2022 guna menuntaskan program vaksinasi Covid-19 di 34 provinsi dan mencapai total populasi sebesar 181,5 juta orang.

Terkait adanya prediksi Indonesia mencapai kekebalan imunitas atau herd immunity dalam waktu 15 bulan sesuai target cakupan vaksinasi, Ahli Epidemiologi Griffith University, Dicky Budiman menilai bahwa herd immunity dalam jangka waktu itu sulit direalisasikan.

"Nampaknya sulit ya, melihat performa selain kita juga masih menghadapi masalah data, SDM, teknis operasional termasuk juga isu supply ini yang enggak bisa kita pastikan ketersediaan dari vaksin, yang mana vaksin ini kita impor," kata Dicky kepada Media Indonesia, Senin (22/2)

Meksipun vaksin Sinovac yang diproduksi dalam negeri oleh PT Biofarma, juga bahan bakunya atau dosis bulk juga impor. Apalagi proses vaksinasi bersaman seluruh dunia terjadi dan tidak ada jaminan ketersedian di tanah air.

Baca juga: Covid-19 Kini Bisa Dideteksi Lewat Bau Ketek, Akurasi 91%

"Masa 15 bulan itu tentu tidak terlalu realitis dalam kondisi saat ini, sehingga kita perlu rencana cadangan. Dimana rancangan periodenya semua itu harus disadari bahwa strategi 3T dan 5M yang harus diperkuat sehingga apapun yang terjadi, kita tidak mengalami pemburukan pandemi," paparnya.

Lanjut Dicky, walaupun vaksinasi berlangsung lama nantinya tetapi angka kesakitan dan kematian tidak terlampaui banyak karena bisa dikendalikan dengan strategi 3T dan 5M tersebut.

Sebelumnya, dilaporkan pelaksanaan vaksinasi selama 15 bulan akan berlangsung dalam 2 periode, yakni Periode 1 berlangsung dari Januari hingga April 2021 dengan memprioritaskan 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik yang ada di 34 provinsi.

Periode 2 berlangsung selama 11 bulan, yaitu dari April 2021 hingga Maret 2022 untuk menjangkau jumlah masyarakat hingga 181,5 juta orang.

Vaksin bersama, penerapan disiplin 3M (Memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) dan penguatan 3T (Tracing, Testing, Treatment) merupakan upaya lengkap dalam menekan penyebaran Covid-19 secara efektif. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Arnas Padda.

Inilah Akar Masalah Maraknya Perkawinan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 04:55 WIB
Kalau pun perempuan bisa meraih pendidikan tinggi pun, Andy memandang terdapat ketidakseimbangan antara perempuan dan laki-laki dalam...
MI/Rudi Kurniawansyah.

Operasi TMC di Jabodetabek-Jabar Berlangsung hingga Minggu

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 01:50 WIB
Pada Jumat (26/2) disiapkan sebanyak 5 ton garam NaCl untuk dilakukan penyemaian di sejumlah titik di...
Antara/Aditya Pradana Putra.

UU Nomor 23 Tahun 2011 Dianggap belum Tumbuhkan Pengelola Zakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 00:01 WIB
Forum Zakat memandang masih sedikit LAZ berbasis tradisional dan komunal mendapatkan pengakuan dan pengesahan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya