Senin 11 Januari 2021, 19:00 WIB

Bantuan UKT Mahasiswa Masih Berlaku Semester Genap 2021

Faustinus Nua | Humaniora
Bantuan UKT Mahasiswa Masih Berlaku Semester Genap 2021

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
Prosesi wisuda tatap muka di sebuah PTS menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, di Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020)

 

Derektur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam menegaskan bahwa bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada mahasiswa terdampak pandemi masih berlaku untuk semester genap 2021. Hal itu sesuai Peraturan Mendikbud No 5 Tahun 2020 dan SE Dirjen Dikti terkait bantuan UKT.

"Permendikbud dan SE Dirjen Dikti masih berlaku. Bantuan uang kuliah untuk semester ini masih diberikan," ungkapnya Kepada Media Indonesia, Senin (11/1).

Baca juga: Menristek Hibahkan Mobile BSL-2 kepada Pemerintah Kota Bogor

Nizam menanggapi keluhan mahasiswa yang disebut Kopertis hampir 50% tidak sanggup membayar UKT. Dia menyayangkan bahwa bantuan UKT tahun 2020 tidak dimanfaatkan dengan baik. Mengingat, kurangnya data mahasiswa terdampak pandemi yang dilaporkan oleh perguruan tinggi.

"Tahun lalu bantuan uang kuliah masih banyak yang tidak dimanfaatkan. Anggaran yang tidak terserap itu hangus, tidak dapat diluncurkan lintas tahun anggaran," jelasnya.

Untuk tahun 2021, Nizam berharap bantuan untuk mahasiswa bisa dimaksimalkan. Anggaran yang sudah direncanakan bisa dimanfaatkan secara khusus bagi mahasiswa uang benar-benar membutuhkan.

Sehingga, kerja sama dengan pihak perguruan tinggi dan mahasiswa menjadi kunci terserapnya anggaran bantuan UKT. Bantuan akan dicairkan berdasarkan permintaan yang diajukan sesuai persyaratan.

"Pada dasarnya penyerapan anggaran berdasar permintaan. Kalau sudah diprogramkan tetapi ternyata yang membutuhkan bantuan dan memenuhi persyaratan lebih sedikit dari yang diprogramkan ya anggarannya tidak terserap," tandasnya.(H-3)

Baca Juga

Dok. Indoffod

Ketahanan Pangan Jadi Tema Beasiswa Riset IRN 2021

👤Citra Larasati 🕔Rabu 23 Juni 2021, 02:00 WIB
Program IRN adalah pemberian dana bantuan riset kepada mahasiswa S1)yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuk...
MI/Syarief Oebaidillah

Program Kampus Merdeka Jadi Penilaian Kegigihan Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 23 Juni 2021, 01:00 WIB
Berbagai program tersebut, di antaranya magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa, Kampus Mengajar, dan magang dengan...
naturalpluspharma.com

Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:41 WIB
Ketimbang menggunakan obat herbal tersebut, lebih baik para peneliti maupun pengembang obat tradisional di Indonesia mencari dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya