Senin 21 Desember 2020, 01:45 WIB

Diselamatkan dari Jerat Corina Dilepasliarkan

MI | Humaniora
Diselamatkan dari Jerat Corina Dilepasliarkan

ANTARA
Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) yang diberi nama Corina berada di kandang habituasi saat proses pelepasliaran

 

DIRJEN Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno memimpin langsung pelepasliaran harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) bernama Corina ke habitatnya di kawasan Restorasi Ekosistem Riau, Sabtu (19/12).

Ikut serta dalam pelepasliaran antara lain tim Balai Besar KSDA Riau, Tim PRHSD, serta tim APRIL/ RER – PT Gemilang Cipta Nusantara. Penentuan lokasi pelepasliaran dilakukan berdasarkan hasil kajian kesesuaian habitat oleh tim pakar yang dipimpin Prof. Satyawan  Pudyatmoko dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Semoga Corina dapat bertahan di alam dan dapat berkembang biak, sehingga populasi harimau sumatra semakin meningkat. Kami juga berharap semakin banyak satwa yang terselamatkan dan tidak ada lagi satwa yang mati atau terluka akibat jerat,” ujar Wiratno.

Corina yang berjenis kelamin betina itu diselamatkan pada Maret lalu ditemukan dalam kondisi terjerat. Setelah berhasil diselamatkan, Corina dititipkan ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra Dharmasraya (PRHSD) untuk dilakukan perawatan yang intensif, hingga akhirnya diputuskan untuk dapat dilakukan pelepasliaran kembali ke habitatnya.

Seusai pelepasliaran, Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan para pihak yang telah mendukung upaya penyelamatan Corina ini.

Sebelumnya, pada Kamis (17/12) sebanyak 11 orangutan korban penyelundupan satwa liar di Thailand dan Malaysia dipulangkan ke Indonesia.

Pemulangan 11 ekor orangutan tersebut dilakukan melalui koordinasi KLHK beserta Kemenlu yakni Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur dan Kedutaan Besar RI Bangkok.(Ata/H-1)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya