Senin 07 Desember 2020, 14:30 WIB

Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Vaksinasi

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Vaksinasi

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Petugas mengecek kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

 

PEMERINTAH telah menunjuk 5 juru bicara (jubir) vaksinasi covid-19 di tingkat pusat dari 4 instansi leading sektor pengadaan vaksin maupun pelaksanaan vaksinasi covid-19.

Lima jubir dari satgas penanganan covid-19 yakni pertama dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito yang merupakan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

"Wiku akan menyampaikan aspek ilmiah terkait vaksin dan korelasinya dengan pengendalian covid. Wiku akan menyampaikan pesan menyeluruh secara umum atau umbrellla message vaksin dan vaksinasi covid-19 di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate saat konferensi pers virtual kedatangan vaksin, Senin (1/12).

Kedua, yakni juru bicara dari Satuan Tugas Penanganan Covid, Reisa Broto Asmoro yang juga merupakan duta adaptasi kebiasaan baru. Nantinya, secara berkala Reisa akan menyampaikan informasi terkait perilaku hidup sehat yang berbasis pencegahan termasuk imunisasi dan vaksinasi.

Baca juga: Polri: Pengikut Rizieq Todongkan Senpi dan Sajam ke Anggota Polisi

Selain itu, juru bicara dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi juga ditunjuk oleh pemerintah menjadi juru bicara vaksinasi.

"Nadia yang juga menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes. Nantinya akan menyampaikan terkait kebijakan program, hubungan vaksin covid-19," ujar Jhonny.

Keempat yakni juru bicara dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia yang akan memberikan tanggapan isu perizinan, keamanan, khasiat dan mutu vaksin.

Terakhir, yakni juru bicara dari PT Biofarma, Bambang Heriyanto. Nantinya secara berkala akan menerangkan sisi logistik dan pendistribusian vaksin yang merata ke seluruh Indonesia.

"Selain itu Bapak Bambang akan memberikan tanggapan jenis produk dan distribusi vaksin," ucapnya.

Jhonny mengungkapkan penunjukan leading sector dengan lingkup spesifik masing-masing juru bicara, ditujukan agar diseminasi informasi dan komunikasi publik dapat dilakukan lebih secara akurat, cermat dan cepat tanggap.

"Dengan demikian laporan vaksin dan vaksinasi yang hadir di masyarakat merefleksikan dinamika aktual di lapangan," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/ Abdillah m Marzuqi

YAICI dan PP Aisyiyah Edukasi Pangan Bergizi di Bantargebang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:35 WIB
Selain edukasi, juga ada demo pengolahan pangan bergizi dan...
MI/ Depi Gunawan

Bima Arya: Lonjakan Kasus Covid-19 di Bogor Sudah Dipredikai

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:17 WIB
Bima menyatakan pihaknya sudah melakukan semua hal yang bisa dilakukan sebagai langkah...
Dok Setwapres

Wapres Borong Hasil Laut di Pulau Cangkir

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 22:50 WIB
Beberapa hasil laut yang dibeli Wapres antara lain bandeng, kakap merah, cumi-cumi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya