Rabu 02 Desember 2020, 23:27 WIB

Mahasiswa Diajak Manfaatkan Peluang Usaha di Saat Pandemi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Mahasiswa Diajak Manfaatkan Peluang Usaha di Saat Pandemi

DOK Untar
Praktisi bisnis Gendro Salim menjadi pembicara dalam pekan wirausaha Universitas Tarumanagara yang berlangsung secara daring, Rabu (2/12).

 

WALAU menimbulkan dampak negatif, masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini bisa dimanfaatkan para mahasiswa sebagai peluang dalam berwirausaha. Hal itu diungkapkan praktisi bisnis dari Ucoach Djivasrana Grahasada, Gendro Salim dalam pekan wirausaha Universitas Tarumanagara 15th Entrepreneur Week (Virtual): Adaptations to Survive yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Rabu (2/12).

"Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada era pandemi ini yakni cepat beradaptasi dan membawa dampak, dan skalanya jangan kecil karena dunia teknologi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu," ujar Gendro.

Menurutnya, kondisi saat ini berbeda dengan lima atau 10 tahun yang lalu. Saat itu, jelasnya, jika mau berjualan seseorang harus membuka toko mulai dari pagi hingga malam. Namun, saat ini, kondisi itu tidak berlaku lagi. "Masyarakat bisa berjualan di dunia maya kapanpun dan menjangkau wilayah yang lebih luas," jelasnya.

Menurut Gendro, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan digitalisasi karena pengguna internet di Tanah Air mencapai 132,7 juta jiwa dengan rata-rata penggunaan internet selama delapan jam dalam sehari. "Jika kita siap maka kita akan menjadi pemenangnya. Saat ini merupakan waktu yang tepat," ucap dia.

Gendro menambahkan, kondisi saat ini merupakan peluang dan bukan ancaman agar bisa bertahan. "Kuncinya adalah bagaimana bisa beradaptasi menghadapi perubahan," tegasnya.

Di sisi lain, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Prof Agustinus Purna Irawan meminta mahasiswa untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan usahanya. Selain itu, mahasiswa perlu mendengarkan masukan dari mentor atau praktisi yang menjalankan bisnisnya.

"Dengan wirausaha bisa menghadirkan kehidupan yang lebih baik, tapi juga dapat membantu pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan,," kata Agustinus. (Ant/R-1)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Libur Akhir Tahun, RS Wisma Atlet Terima 400 Pasien Per Hari

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:50 WIB
“Hal ini tidak terlepas dari pasien-pasien positif covid-19 yang dikirim dari puskesmas atau rumah sakit lainnya ke Wisma...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:48 WIB
Saat ini pasien covid-19 dengan gejala mendominasi di RS Wisma...
Antara

Luhut : Mobile Lab Tes PCR Bakal Disebar ke Provinsi Lain

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, labotarium mobile tes PCR covid-19 buatan dalam negeri akan disebar ke provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya