Rabu 02 Desember 2020, 16:05 WIB

Luncurkan Roket Eksperimen RX450-5, Menristek Apresiasi Lapan

Faustinus Nua | Humaniora
Luncurkan Roket Eksperimen RX450-5, Menristek Apresiasi Lapan

Instagram
RX450-5 merupakan roket eksperimen sonda dengan diameter 450 mm.

 

LEMBAGA Penerbangan LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui satuan kerja Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) berhasil meluncurkan RX450-5, roket eksperimen sonda dengan diameter 450 mm.

Dilansir dari akun Instagram Lapan, prosesi peluncuran dilaksanakan di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut (BUTPAAG) LAPAN, pada Rabu (2/12).

RX450-5 adalah salah satu output hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan di Pustekroket. Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang S Brodjonegoro mengatakan, melalui peluncuran tersebut, Lapan telah mendukung visi Indonesia dalam bidang teknologi.

"Visi besar kita adalah Indonesia mampu meluncurkan satelit dengan roket sendiri," ujar Menteri Bambang.

Ia memberi apresiasi karena upaya Lapan untuk terus memperkuat teknologi roket di tengah pandemi, tidak surut. Menristek menegaskan, teknologi roket sangat dibutuhkan Indonesia. Karena itu, pihaknya terus berupaya untuk menjalin kerja sama penelitian dengan negara lain, termasuk melakukan transfer teknologi.

Kepala Pustekroket Lilis Mariani menjelaskan roket yang diuji kali ini adalah roket yang kelima sejak peluncuran pertama pada 2015 lalu. RX450-5 merupakan baseline dari roket jangkauan 100 km lebih yang akan menjadi awal pengembangan roket dua tingkat. Sedangkan roket dua tingkat LAPAN sendiri ditargetkan dapat mengudara pada tahun 2025 dengan misi penelitian atmosfer pada ketinggian 200 km.

"Uji terbang RX450-5 perlu dilakukan untuk memastikan kinerja terbang roket. Terlebih, RX450-5 merupakan baseline pengembangan program PRN Roket Dua Tingkat.  Ini adalah upaya kami dalam penguasaan teknologi keantariksaan," tutur Lilis.

Uji terbang RX450-5 dilakukan untuk mendapatkan data kinerja terbang roket sehingga nantinya dapat dilakukan pengoptimalisasian produk. Data kinerja terbang yang dibutuhkan, antara lain karakteristik pergerakan roket, jarak jangkau, serta data telemetri dari muatan roket mulai dari detik pertama peluncuran hingga roket kembali jatuh ke bumi.

Penelitian dan pengembangan teknologi roket yang dilakukan Pustekroket LAPAN, kata dia, sejalan dengan visi Indonesia yakni Keantariksaan Indonesia yang Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan. Pengembangan roket penting untuk mendukung sistem komunikasi dan pertahanan bagi negara kepulauan seperti Indonesia.

"Indonesia memerlukan kemajuan teknologi roket yang merupakan teknologi terdepan (frontier) untuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Dia menambahkan, manfaat roket sendiri bagi masyarakat selain untuk pertahanan antara lain sebagai alat mitigasi bencana melalui ketersediaan roket modifikasi cuaca pada daerah rawan kebakaran, penelitian atmosfer di wilayah Indonesia. Serta mendukung ketersediaan sarana komunikasi melalui roket peluncur satelit yang dapat membawa satelit komunikasi.

"Urgensi kemandirian bidang antariksa khususnya roket perlu ditekankan, agar segala manfaat dari teknologi roket ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Mari kita terus dukung upaya memajukan teknologi roket Indonesia," pungkasnya.

Adapun, detik-detik peluncuran roket disiarkan secara khusus bagi pejabat internal LAPAN serta tamu undangan.

Acara itu dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa Rika Andiarti, beserta pejabat terkait. Sementara Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, beserta para Pejabat Eselon I dan II secara langsung menyaksikan aktivitas peluncuran RX450-5 melalui aplikasi daring. (H-2)

Baca Juga

Dok GPDRR

15 Orang yang Positif saat GDPRR di Bali Tengah Jalani Isolasi

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:32 WIB
Adapun delegasi, maupun peserta yang mengikuti acara secara luring memasuki lokasi acara telah dinyatakan negatif dari virus...
MI/ROMMY PUJIANTO

Buya Syafii Maarif Penganjur Islam Damai

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:05 WIB
Buya Syafii merupakan tokoh Muhammadiyah yang berusaha menjaga organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia itu dari godaan politik...
ANTARA

Buya Syafii Maarif akan Dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah Kulonprogo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:51 WIB
Jenazah almarhum yang akrab disapa Buya Syafii ini dibawa ke Masjid Besar Kauman untuk disemayamkan dan disholatkan selepas Jumatan hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya