Rabu 02 Desember 2020, 00:29 WIB

WZF Miliki Peran Penting Pulihkan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

Syarief Oebaidillah | Humaniora
WZF Miliki Peran Penting Pulihkan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

DOK MI
Ilustrasi zakat

 

WORLD Zakat Forum (WZF) memiliki peran penting untuk membantu pemulihkan perekonomian yang terimbas dampak pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin saat membuka Konferensi World Zakat Forum (WZF) 2020 yang digelar secara daring, Senin (30/11).

"Peran forum zakat dunia sangat diperlukan untuk turut memperkuat ekonomi islam terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk membantu memberikan modal kerja bagi pelaku usaha yang siap melakukan pemulihan pasca pandemi," katanya.

Dengan demikian, kata Ma'ruf, ekonomi Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global. Ia menaruh harapan pada WZF yang kini menjadi wadah bagi organisasi pengelola zakat di 40 negara ini.

“Saya melihat potensi yang besar dari forum zakat dunia dalam membantu pemulihan pasca pandemi Covid-19. Saya juga memandang bahwa forum zakat dunia dapat mendorong dan memfasiltiasi proses penguatan dan perbaikan tata kelola zakat dunia dari pengumpulan, pengelolaan, penyaluran, sampai pada pelaporan,” tutur Ma’ruf.

Sedangkan Sekjen WZF, Bambang Sudibyo yang juga menjabat Ketua BAZNAS, mengatakan semestinya konferensi WZF 2020 diselenggarakan di Malaysia. Namun karena pandemi covid-19, Malaysia tidak siap menyelenggarakan konferensi sehingga Sekretariat Jenderal memutuskan acara Konferensi WZF digelar secara daring.

“Dengan mengangkat tema utama Post Covid-19 Economic Recovery: The Role of World Zakat Forum" (Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19: Peran World Zakat Forum), dalam konferensi ini akan dibahas empat tema lainnya yakni meninjau ulang peran forum zakat dunia pascapemulihan ekonomi Covid-19, aktivasi ekonomi global pasca Covid-19, langkah maju untuk memperkuat forum zakat dunia, dan diskusi kementerian membahas zakat sebagai instrumen kebijakan fiskal dengan mengundang Kementerian Keuangan dan menteri lain dari negara anggota," jelasnya.

Bambang menambahkan dalam WZF 2020 ini juga diagendakan untuk melakukan pemilihan Sekretaris Jenderal WZF untuk periode 2020-2023. (R-1)

Baca Juga

Antara

GeNose akan Dipakai Deteksi Korona di Transportasi Publik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:00 WIB
GeNose merupakan alat pendeteksi covid-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada...
Ist

480 Paket Bubur Bayi untuk Korban Gempa Sulbar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:12 WIB
Sebanyak 480 paket bubur bayi disalurkan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), sejak Selasa...
MI/ Bary Fathahilah

Pemaksaan Siswi Berjilbab Akumulasi Pembiaran Kebijakan Intoleran

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:10 WIB
Pasalnya, kasus intoleransi di sekolah yang dilakukan secara terstruktur bukanlah kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya