Jumat 27 November 2020, 07:27 WIB

KemenPan-RB Apresiasi RSDC Wisma Atlet

Cahya Mulyana | Humaniora
KemenPan-RB Apresiasi RSDC Wisma Atlet

ANTARA/Galih Pradipta
Pasien covid-19 beraktivitas di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta

 

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan penghargaan top inovasi pelayanan publik, apresiasi inovasi pelayanan publik penanganan covid-19 dan top kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik tahun 2020.

Dari 439 peserta, Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terpilih menjadi salah satu pemenangnya.

Acara penghargaan inovasi pelayanan publik tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dan dihadiri menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati/wali kota, direktur utama BUMN, dan pimpinan lembaga lainnya dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

Baca juga: Bangkitkan Kreativitas Anak di Masa Pandemi

“Kementerian PANRB selaku instansi pembina pelayanan publik nasional selalu mendorong kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk terus melakukan percepatan pelayanan publik yang memenuhi harapan masyarakat,” ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada sambutannya di Gedung Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta, melalui keterangan resmi, Jumat (27/11).

Ia mengatakan kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia dan terbuka bagi kementerian, lembaga, pemda, BUMN dan BUMD, serta unit pengelola pelayanan publik di bawah instansi vertikal, kantor perwakilan, dan perguruan tinggi.

Penyelenggaraan kompetisi ini didasarkan kepada Peraturan Menteri PANRB No. 47/2020 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020.

Total peserta kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik 2020 mencapai 439 instansi yang terdiri atas 237 Instansi Pemerintah (IP) dan 202 Unit Pengelola Pelayanan (UPP).

Salah satu penerima penghargaan apresiasi inovasi pelayanan publik penanganan covid- 19 adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Perumahan dalam inovasi, yaitu Wisma Atlet Kemayoran dan Rusunawa, Solusi Penanganan Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana mengatakan penghargaan ini merupakan bukti apresiasi masyarakat terhadap kerja keras semua pihak. Penghargaan ini menjadi pecut semangat untuk memperbaiki kinerja ke depan.

"Kita terus berinovasi, terus memperbaiki kualitas layanan dan saya mengundang seluruh personil PUPR untuk terus berinovasi meningkatkan tindakan cepat dan tepat dalam melaksanakan tugas yang dalam hal ini adalah bagian dari kontribusi kita Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Perumahan dalam menanggulangi covid-19,” ujarnya.

Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan yang sebelumnya diperuntukkan sebagai hunian para atlet Asian Games 2018 kini dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19.

Secara akumulatif, Wisma Atlet Kemayoran telah merawat 26.836 orang di Tower 6 dan 7 sejak 23 Maret 2020.

Menurut Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1 (Kogabwilhan I) Kolonel Marinir Aris Mudian, 24.761 orang di antaranya tercatat sudah keluar dengan rincian 469 orang dipindahkan ke RS Rujukan Covid-19 lain karena menunjukkan gejala berat, 24.284 orang sembuh, dan 8 orang meninggal. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Atasi Banjir di Kalsel, Perlu Peningkatan Tata Kelola Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:16 WIB
Tata kelola air di DAS Kalsel perlu ditingkatkan, khususnya pengelolaan dan pengawasan air limpasan yang terjadi di daerah hulu melalui...
MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya