Jumat 10 Juli 2020, 07:26 WIB

Ahli: Tidak Ada Zona Hijau Di Indonesia

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Ahli: Tidak Ada Zona Hijau Di Indonesia

Luis ACOSTA / AFP
Petugas kesehatan melakukan swab test covid-19

 

EPIDEMIOLOGIS dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono menyebut penetapan status zona hijau di Indonesia oleh pemerintah pusat menyesatkan. Pandu dalam sebuah webinar yang berlangsung pada Kamis (9/7) menjelaskan pemerintah seharusnya menganggap seluruh daerah di Indonesia adalah zona merah covid-19. Tidak adanya kasus baru atau sama sekali tidak ada kasus positif covid-19 di suatu daerah bukan menjadi patokan keamanan dari covid-19.

"Di Indonesia tidak ada zona hijau. (Penetapan) itu palsu. Kita semua berpotensi menularkan. Hanya masalah ketahuan atau tidak ketahuan," kata Pandu.

Ia menjelaskan ada daerah yang diduga belum secara aktif meningkatkan kemampuan tes usap PCR yang menjadi pendeteksi paling akurat adanya virus dalam tubuh. Dengan demikian kasus baru tidak akan terdeteksi agar bisa ditarik kesimpulan bahwa kasus menurun dan daerah tersebut sudah aman.

Virus, kata Pandu, meluas karena mengikuti mobilitas manusia. Apabila mobilitas masih tinggi dan berjalan normal, virus pun mengikuti sehingga bisa tersebar ke seluruh daerah.

"Wilayah itu disebut zona hijau karena 'testing'-nya rendah. Virus itu bukan berdasarkan tempat tinggalnya tapi pergerakan manusianya. Mobilitas kita masih sangat tinggi. Ini masalah besar kita, dinamika mobilitas," ujarnya.

baca juga: Banyak Kasus Tak Bergejala, Epidemiolog Ingatkan Pentingnya PCR

Untuk itu, Pandu menyarankan agar daerah betul-betul maksimal dalam menjalankan dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan covid-19 khususnya tes usap yang lebih akurat. Selain itu, pencegahan penularan covid juga harus dilakukan dengan masifnya sosialisasi gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(OL-3)

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya