Kamis 02 Juli 2020, 12:05 WIB

Satukan Kalender Hijriah, Kemenag buat Roadmap

Zubaedah Hanum | Humaniora
Satukan Kalender Hijriah, Kemenag buat Roadmap

Antara
Petugas Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama melakukan pemantauan Hilal 1 Ramadan 1441 Hijriah.

 

TIM Falakiyah Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2020 sedang menyusun Roadmap penyatuan kalender Hijriah, sebagai pedoman penetapan awal bulan qamariyah, khususnya awal Ramadan, Syawal dan Zulhijjah.

“Saya harap pertemuan ini menghasilkan rumusan strategis pengembangan hisab rukyat dan juga roadmap unifikasi kalender Hijriah untuk dijadikan pedoman dalam penetapan awal bulan qamariyah, khususnya awal Ramadan, Syawal dan Zulhijjah,” ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam webinar Tim Falakiyah seperti dikutip dari laman Kemenag, Kamis (2/7).

Tim Falakiyah Kemenag beranggotakan para pakar dalam bidang Ilmu Falak, Astronomi, Geodesi, serta pengurus planetarium dan observatorium.

Sejumlah nama yang tergabung dalam tim ini antara lain, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Tenaga Ahli Planetarium dan Observatorium Jakarta Cecep Nurwendaya, Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial Khafid, Ketua Lembaga Falakiyah PBNU Sirril Wafa, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Agus Purwanto dan beberapa wakil dari ormas Islam lainnya.

"Setelah forum ini akan ada kajian lagi. Tim harus menjalin komunikasi dengan ormas-ormas Islam terkait penyusunan roadmap unifikasi kalender Hijriah ini," ujar Kamaruddin.

Baca juga: Lahirnya Kalender Qamariyah-Hijriyah

Tim Falakiyah Kemenag mempunyai tugas mengkaji, dan mengembangkan hisab rukyat sebagai masukan pada menteri agama.

Selain membuat pedoman dalam penetapan awal bulan kamariah, khususnya awal Ramadan, Syawal dan Zulhijjah, tim ini juga bertanggung jawab dalam penyelenggaraan hisab dan rukyat untuk kepentingan penentuan waktu shalat, arah kiblat, permulaan tanggal bulan kamariah, gerhana matahari dan bulan.

"Tim ini juga bertanggungjawab dalam pengembangan sarana prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan hisab rukyat pada masa-masa mendatang," tutupnya. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Prasetia FauzanI

Menag Usulkan PTKI, Pesantren dan Madrasah Swasta Bisa Akses SBSN

👤Humaniora 🕔Kamis 21 Januari 2021, 10:00 WIB
Jumlah madrasah negeri hanya 2018, sementara madrasah swasta mencapai 82 ribu...
Antara

Donor Plasma Konvalesen Animo Tinggi, Sarana Minim

👤(Ata/H-2) 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:55 WIB
Sebanyak 31 dari 236 Unit Donor Darah (UDD) PMI di seluruh kota besar di indonesia disiagakan untuk kelancaran donor plasma...
Antara

Bangun Pabrik Bahan Bakar dari Sawit

👤Ant/H-3 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:25 WIB
Saran kebijakan dibuat para peneliti LIPI sebagai bahan pertimbangan pemerintah, yang didasarkan dari bukti-bukti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya