Rabu 10 Juni 2020, 05:50 WIB

Presiden Dukung BP2MI Lawan Sindikasi Penempatan PMI Ilegal

(RO/H-1). | Humaniora
Presiden Dukung BP2MI Lawan Sindikasi Penempatan PMI Ilegal

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengucap sumpah saat dilantik di Istana Negara, Jakarta,

 

PRESIDEN Joko Widodo mendukung Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2-MI) untuk melawan sindikasi penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal atau nonprosedural dan memberikan pelindungan kepada PMI sebagai warga negara.

"Presiden RI mendukung BP2MI dalam memberikan pelindungan dengan melawan sindikasi penempatan PMI ilegal," jelas Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, dalam pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo, di Istana Bogor, kemarin.

Seperti diketahui, saat serah terima jabatan pada April lalu, Kepala BP2MI telah menegaskan perang terhadap sindikasi pengiriman pekerja ilegal. Alasannya, para sindikasi ini ialah musuh negara yang telah merugikan negara dari sisi devisa dan menjauhkan PMI dari radar pelindungan negara.

Benny menjelaskan untuk melawan sindikasi penempatan PMI ilegal ini perlu dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Sindikasi Pengiriman PMI Ilegal yang akan melibatkan unsur kementerian/lembaga terkait dan unsur penegak hukum.

"Presiden telah menunjuk saya untuk memimpin peperangan tersebut hingga tuntas dan segera membentuk Satgas Pemberantasan Sindikasi Pengiriman PMI Ilegal, sekaligus Presiden juga akan berupaya untuk mendorong penguatan kelembagaan BP2MI ke depannya," kata Benny.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu, Benny juga menyampaikan perkembangan data kepulangan PMI di masa pandemi covid-19 hingga 8 Juni 2020 yang mencapai 143.238 PMI. Disampaikan pula proyeksi data kepulangan PMI berdasarkan kontrak kerja yang habis pada Mei-Juni 2020 yang berjumlah 34.300 PMI dan Juli-Agustus 2020 berjumlah 50.114 PMI.

Terakhir, Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada para PMI yang saat ini berada di luar negeri agar berhati-hati saat bekerja di negeri orang dan terus berkoordinasi dengan Perwakilan RI dan juga BP2MI. (RO/H-1).

Baca Juga

Dok Satgas Penanggulangan Covid-19

Tinjau GOR Gelarsena Klaten, Ketua Satgas Ingin Pengendalian COVID-19 Terintegrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 00:00 WIB
“Antara penanganan di hulu dan di hilir ini harus kolaboratif. Harus menjadi satu rangkaian penanganan covid-19 yang terintegrasi...
Dok. Satgas Relawan

Kolaborasi Satgas Relawan-Baznas Beri Edukasi soal Pemulasaran Jenazah Covid-19

👤Mediaindoensia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 23:43 WIB
Relawan COVID-19 yang mengikuti Kegiatan Webinar hari ini kemudian akan dilatih dan didampingi untuk membantu proses pemulasaran jenazah...
Dok. Aprobi

Dukung PPKM, Aprobi Bagikan 1.200 Paket Makanan Tiap Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:34 WIB
Paket makanan tersebut didistribusikan ke sejumlah wilayah di Jabodetabek dan ditujukan utamanya bagi masyarakat yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya