Jumat 07 Juni 2019, 09:35 WIB

BMKG Peringatkan Cuaca Buruk Saat Arus Balik Lebaran

Indriyani Astuti | Humaniora
BMKG Peringatkan Cuaca Buruk Saat Arus Balik Lebaran

MI/Palce Amalo
BMKG meminta masyarakat waspada adanya potensi gelombang tinggi yang diprakirakan akan meningkat hingga 2,5 meter di sejumlah wilayah.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi cuaca buruk yang berlangsung pada periode 6 hingga 10 Juni 2019. Dari pantauan BMKG, ada potensi hujan lebat yang dapat terjadi beberapa wilayah, sehingga masyarakat diminta waspada terutama saat arus balik mudik.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengatakan wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat. Kemudian  Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Selain potensi hujan lebat, diprakirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah," ujar Mulyono di Jakarta, Jumat (7/6).

Wilayah yang diperkirakan itu antara lain Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua.

Ia menjelaskan berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO) yang dapat disertai dengan perlambatan angin, pembentukan pusaran dan belokan angin di Aceh, Sumut, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Malut, Maluku, Papua Barat dan Papua. Ini bisa berdampak pada peningkatan kondisi cuaca signifikan di beberapa wilayah di Indonesia, sehingga menimbulkan potensi cuaca buruk di sejumlah wilayah.

baca juga: Hala Bi Halal Momentum Untuk Mengakhiri Perselisihan

BMKG juga meminta masyarakat waspada adanya potensi gelombang tinggi yang diprakirakan akan meningkat hingga 2,5 meter di sejumlah wilayah. Adanya potensi cuaca buruk dan gelombang tinggi, BMKG meminta masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang  ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, serta potensi gangguan transportasi laut akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui laman resmi BMKG http://www.bmkg.go.id atau akun sosial media BMKG" ujar Mulyono. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/ Ramdani

IDI: Penentuan Status Endemi Jangan Terburu-buru

👤Ant 🕔Senin 26 September 2022, 22:29 WIB
Menurut Adib, terdapat sejumlah indikator yang harus menjadi dasar untuk dipenuhi menjadi...
DOK Youtube.

Para Ulama Sepakat Roh itu Makhluk atau Diciptakan Allah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:04 WIB
Sejumlah orang berpendapat bahwa ruh atau roh dalam bahasa Indonesia bukanlah makhluk atau yang diciptakan. Pendapat tersebut dibantah...
Antara

17.097 Orang Divaksin Kedua Hari Ini

👤MGN 🕔Senin 26 September 2022, 21:58 WIB
Total 171.094.922 orang telah menerima vaksin lengkap per Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya