Jumat 25 Januari 2019, 18:27 WIB

BPOM: Bedakan Kosmetik Ilegal dan Legal dengan Cek KLIK

M. Ilham ramadhan Avisena | Humaniora
BPOM: Bedakan Kosmetik Ilegal dan Legal dengan Cek KLIK

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

 

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyarankan untuk selalu melakukan cek KLIK ketika membeli kosmetik, obat, ataupun jamu. KLIK, yaitu cek kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk pada label, pastikan memiliki izin edar, dan cek masa kadaluwarsanya. Hal itu disampaikan untuk mengedukasi masyarakat terkait produk kosmetik ilegal dan palsu.

"Cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar dan cek Kadalauarsa. Setelah itu pastikan di website resminya," ujar Penny K. Lukito, Kepala BPOM RI, Jumat (25/1).

Baca juga: BPOM Juga Pantau Distributor Resmi

Sebelumny, tim penyidik BPOM berhasil menemukan produk kosmetik ilegal dan palsu pada Rabu (23/1) di Komplek Taman Surya, Kalideres, Jakarta Barat. Dari temuan tersebut, didapati 53 item (679.193 pcs) produk ilegal dan palsu serta 3 mesin yang digunakan untuk produksi.

BPOM menekankan, produk yang legal memiliki nomor registrasi dan notifikasi di dalam kemasan produk. "Produk yang legal itu yang sudah mendapatkan registrasi dan notifikasi dari BPOM di dalam kemasan. Namun tetap hati-hati karena bisa jadi nomor notifikasinya ikut dipalsukan," terang Penny.

Sementara itu, terkait kandungan yang terdapat pada kosmetik palsu masih dalam tahap pemeriksaan laboraturium. "Kita cek, ada merkuri, pewarna dan yang lainnya itu. Melihat dari tempat pembuatannya saja jelas tidak higienis," tambah Penny. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/NOVA WAHYUDI

Survei: Iuran BPJS Sejalan Naik, Kepuasan Peserta Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:25 WIB
Indeks kepuasan peserta ini mengacu pada top two boxes, di mana hasil survei diambil dari jumlah peserta yang menyatakan puas dan sangat...
Antara/Galih Pradipta

Presiden: Pastikan Kebijakan Penyandang Disabilitas Berjalan Baik

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:03 WIB
Jokowi menekankan tidak boleh ada penyandang disabilitas yang tertinggal dari program layanan pemerintah. Kaum disabilitas memiliki hak...
ANTARA/Kornelis Kaha

Aktivitas Vulkanik Gunung Ile Lewotolok Masih Terus Terjadi

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:45 WIB
Erupsi gunung dengan ketinggian 1.623 meter di atas permukaan laut, terekam di seismogram dengan amplitude 5 mm dan berdurasi 25...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya