Kamis 24 November 2016, 07:10 WIB

Delia Von Rueti Kembangkan Hutan Hujan Tropis

Putri Rosmalia Octaviyani | Hiburan
Delia Von Rueti Kembangkan Hutan Hujan Tropis

MI/ARYA MANGGALA

 

TERKENAL sebagai perancang perhiasan kelas dunia tidak begitu saja membuat Delia Von Rueti puas. Perempuan asal Pematangsiantar, Sumatra Utara, tersebut saat ini sibuk melakukan pengembangan taman hutan hujan tropis di Muara Teweh, Kalimantan Tengah, yang dimilikinya secara pribadi. Untuk melancarkan upayanya, Delia mendesain kaus. Hal itu merupakan kali pertama dirinya mendesain kaus sekaligus agar mendapatkan dukungan masyarakat luas.

"Ini pertama kalinya dalam hidup saya mendesain kaus. Meski sangat baru, saya sangat senang melakukannya karena sebagai usaha pelestarian nantinya," ungkap Delia, dalam konferensi pers gerakan Love & O2, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (23/11). Dijelaskan perempuan kelahiran 1966 itu, kaus yang didesainnya merupakan bagian dari kampanyenya membangun taman hutan hujan tropis.

Setiap kaus yang dibeli mewakilkan satu pohon yang akan ditanam pada lahan seluas 2.500 hektare untuk taman tersebut. Nantinya, hasil penjualan kaus akan sepenuhnya digunakan untuk merawat tanaman yang telah ada dan menanam sebanyak mungkin tanaman baru. Meski mengaku tidak mengalami kesulitan, perempuan yang saat ini menetap di Bali tersebut mengaku sempat kebingungan untuk menentukan gambar yang akan dipilih sebagai desain.

Karena tidak ingin mengalami kesulitan dengan harus memakai karya foto orang lain, Delia memutuskan menggunakan beberapa foto hasil karyanya yang secara tidak direncanakan selalu ia ambil saat tengah berjalan-jalan ke tengah hutan. "Saya berharap kaus ini bisa terjual sebanyak mungkin agar semakin banyak pula pohon yang ditanam," ungkap Delia. Diceritakan Delia, kecintaannya pada lingkungan telah tumbuh sejak lama.

Sebagai perempuan yang lahir dan tumbuh di kawasan hutan dan perkebunan, kebutuhannya akan rimbun tanaman tidak pernah hilang. Hal itu berlangsung di mana pun hingga saat dirinya memasuki usia yang hampir setengah abad. "Orangtua saya petani. Awalnya saya melihat di daerah asal saya dan orangtua hutan sudah sangat berkurang, fauna juga demikian. Dari sana saya mulai memikirkan apa yang dapat saya lakukan dan sumbangkan untuk kelestarian alam di Indonesia," ungkap perempuan yang sempat mengenyam pendidikan di Amerika Serikat tersebut.

Pendekatan masyarakat
Dikatakan Delia, tidak hanya melalui kaus, upaya lain juga ia lakukan, termasuk dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan kampanye untuk mau menanam pohon. Menurutnya, upaya penyelamatan lingkungan merupakan hal yang pada dasarnya sangat mudah dan dapat dilakukan di mana saja. "Sejak dulu saya selalu menanam. Tidak hanya di rumah, tetapi di mana saja yang saya rasa memungkinkan untuk ditanam. Saya yakin hal itu tidak akan sia-sia. Kalau bukan untuk saya, mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain," tutur Delia. Sementara itu, saat ini ibu dari tiga orang anak tersebut juga masih aktif sebagai desainer aksesori dunia. Setiap tahun, ia masih melakukan pameran di London dan Indonesia.
(H-5)

Baca Juga

AFP/Steve Jennings / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Paul McCartney Bercerita Tentang Inspirasi di Balik Lagu Eleanor Rigby

👤Farrel Ardan 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:15 WIB
McCartney, yang menulis tentang masa kecilnya di Liverpool, mengingat bertemu seorang perempuan tua yang menjadi inspiasi untuk lagunya...
Instagram @lalalalisa_m

Lagu Money Cetak Rekor di Spotify

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:00 WIB
Lagu Money semakin populer seiring waktu, bahkan melompat dari No 81 minggu lalu ke No 59 minggu ini di Official Singles Chart...
AFP/Alice Chiche

Alami Kejang Otot, Celine Dion Batalkan Tur Konser

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:15 WIB
Dion mengalami kejang otot yang parah dan terus-menerus yang membuatnya tidak bisa tampil. Tim medisnya terus mengevaluasi dan melakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya