Kamis 09 Februari 2023, 20:15 WIB

Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI belum Maksimalkan Potensi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI belum Maksimalkan Potensi

Antara
Foto udara aktivitas bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

 

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menilai Indonesia belum memaksimalkan potensi yang dimiliki. Hal ini berimbas pada pertumbuhan ekonomi pada 2022 yang tercatat sekitar 5,31%.

"Ekonomi kita tumbuh 5,31% pada 2022, tapi masih di bawah potensi. Sering kali saya berdiksusi dan berdebat dengan teman-teman Kementerian Keuangan soal fungsi APBN," tuturnya dalam suatu diskusi, Kamis (9/2).

Baca juga: Sri Mulyani Pastikan Kondisi Utang Indonesia Masih Aman

"Itu kan sebenarnya menjadi automatic stabilizer. Jadi kalau ekonomi panas, dia yang tekan ke bawah. Tapi kalau pertumbuhan ekonomi di bawah potensi, maka dia yang harus mendorong," imbuh Suharso.

Menurutnya, saat ini Indonesia belum mampu mengulang pertumbuhan ekonomi pada zaman Orde Baru, yang mampu mencapai 7-8% pada masa itu.

Padahal, lanjut dia, banyak keunggulan yang bisa membuat Indonesia dapat mengulang kinerja pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.

Baca juga: RI-Malaysia Sepakat Perjuangkan Sawit ke Uni Eropa

Suharso mencontohkan,pertumbuhan investasi saat ini yang sangat signifikan. Bahkan, mampu tercatat 30% dari produk domestik bruto (PDB). "Inflasi juga bisa dikendalikan dengan baik," pungkasnya.

"Tingkat pengangguran Indonesia akibat pandemi covid-19 mencapai 7,07% pada 2020, saat ini sudah 5,83% pada 2022. Tingkat kemsikinan juga sedikit menurun, dari 10,19% di 2020 menjadi 9,54% di 2022," sambung Suharso.(OL-11)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Uno Ingatkan UMKM untuk Terus Jaga Kualitas saat Sudah "Naik Kelas"

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 Maret 2023, 23:14 WIB
Sandiaga mengatakan, UMKM yang bakal naik kelas adalah yang memberikan upaya totalitas. Lalu, UMKM tersebut juga konsisten menjaga...
Dok. Kementan

Kementan Koordinasi dengan Lembaga Keuangan Permudah Modal untuk Petani 

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 21 Maret 2023, 22:49 WIB
Kementan menggelar pertemuan dengan lembaga keuangan penyalur kredit usaha rakyat atau KUR untuk mendorong kemudahan akses permodalan usaha...
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

PLTS Atap Dihambat PLN, Asosiasi Panel Surya akan Temui Jokowi

👤Ficky Ramadhan 🕔Selasa 21 Maret 2023, 22:47 WIB
Enaknya kalau sesudah lebaran pak Presiden paham, ya kalau bisa dipanggil direksi PLN-nya dan Kementerian Keuangan karena menurut saya pak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya