Jumat 20 Januari 2023, 15:55 WIB

Dirut Bulog Bongkar Penyebab Cadangan Beras Menipis di Pasar

 Insi Nantika Jelita | Ekonomi
 

DIREKTUR Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso atau akrab disapa Buwas membeberkan penyebab cadangan beras pemerintah (CBP) di pasar belum maksimal.

Selain karena belum masuknya panen raya beras, pemerintah mengalami kendala dalam mendatangkan beras impor.

Masalah perizinan yang berbelit dan cuaca buruk di penghujung tahun 2022 menjadi kendala utama CPB di pasar menipis. Contohnya, dialami Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, yang penyaluran CBP di bawah 30 ribu ton per hari.

"Di dalam negeri, proses untuk izin impornya tidak mudah. Tidak bisa sehari dua hari selesai. Harusnya proses itu dipermudah, bukan dipersulit. Plus masalah ini karena cuaca buruk," kata Buwas di Jakarta, Jumat (20/1).

Akibat cuaca buruk pada Desember 2022, lanjutnya, pembongkaran kontainer beras impor di pelabuhan pun terkendala. Menurut Buwas, ada antrean bongkaran muatan cukup panjang di suatu pelabuhan, sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengangkut beras.

Baca juga: Beras Impor Masuk, Bulog: Jangan Ada yang Bermain

Harapan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang menargetkan pengiriman 500 ribu ton beras impor selesai di bulan ini dipastikan tidak bisa direalisasikan.

"Tapi, kami berusaha bagaimana pun ini barang paling lambat pertengahan Februari selesai (pengiriman beras impor)," ucap Buwas.

Melalui Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau dikenal operasi pasar, Bulog menargetkan menyalurkan 100 ribu ton mulai pekan ini.

Sebelum disebarkan ke pasar secara masif, Bulog harus menghitung dan memastikan kualitas beras sesuai dengan kontrak dagang yang dilakukan. Setelah tahap itu dilakukan beras baru bisa dikeluarkan dari gudang Bulog.

“Minggu ini ditargetkan 100 ribu ton didistribusikan. Kalau kebutuhan itu pulau Jawa paling besar penduduknya dan itu permintaan besar dan itu jadi utama," tutupnya. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Dok.Ist

UMKM Binaan BUMN Bergiliran Hadir di Sarinah Sepanjang 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 05:45 WIB
Bulan ini, UMKM binaan PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum dan Semen Indonesia (Perserto) atau SIG akan memenuhi  lantai...
Antara

Pemerintah Siapkan Mitigasi Hadapi Ketidakpastian 2023

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:49 WIB
Amunisi yang telah disiapkan pemerintah itu diantaranya ialah Undang Undang 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan...
Dok. ATBI

Sikapi Perpres 55/2022, Usaha Pertambangan Diharapkan Mengarah ke Good Mining Practices

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 22:24 WIB
"Saya sepakat dengan arahan Presiden Joko Widodo di Sentul Bogor yang menyatakan bahwa bisnis pertambangan harus bisa menyelesaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya